Peraih Bidik Misi UNY Jadi Lulusan dengan IP Tertinggi

Mahasiswa UNY Muhammad Harry Prayoga (kiri); Silvi Dwi Mirandani (tengah) dan Luthfi Rahmatullah (kanan) yang secara berurutan menjadi lulusan tercepat, termuda dan indeks prestasi (IP) tertinggi. - Istimewa
30 November 2019 06:27 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar wisuda program D3, S1, S2 dan S3 di Gor UNY, Sleman, Sabtu (30/11/2019). Pada wisuda kali ini, peraih bidik misi, Luthfi Rahmatullah dari Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik berhasil meraih indeks prestasi tertinggi untuk jenjang S1 yaitu 3,89.

Luthfi mengaku prestasi ini berhasil diraih karena memiliki strategi saat belajar. “Saya memetakan mana materi yang sulit dan yang mudah, untuk materi yang sulit akan lebih saya perdalam belajarnya. Selain itu, saya juga banyak belajar materi perkuliahan dari kursus online gratis yang ada di Internet,” kata dia, Jumat (29/11).

Mahasiswa yang lulus tercepat dalam wisuda UNY periode ini, Muhammad Harry Prayoga dari prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial menempuh pendidikan S1 dalam waktu tiga tahun dua bulan. Menurut dia, agar bisa lulus cepat, sejak semester dua mulai mengambil mata kuliah untuk semester di atasnya. “Pada saat KKN, skripsi saya telah selesai,” katanya.

Sedangkan Silvi Dwi Mirandani dari prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial merupakan lulusan termuda dalam wisuda UNY periode ini. Gadis berusia 21 tahun tiga bulan ini masuk sekolah dasar dalam usia kurang dari enam tahun. “Selama mengikuti pendidikan tingak SD hingga SMA tidak ada kesulitan yang berarti. Sejak TK sudah diajari mengenal huruf sehingga tidak ada kesulitan saat memasuki sekolah dasar,” ujar dia.