Kereta Kelas Priority pada Fajar Utama YK dan Senja Utama YK Diluncurkan

Kerata Kelas Priority pada Fajar Utama YK dan Senja Utama YK - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
11 Desember 2019 22:27 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Pariwisata kembali meluncurkan layanan kereta wisata kelas priority yang digandengkan dengan KA Fajar Utama YK dan KA Senja Utama YK.

Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono, mengungkapkan kelas priority memiliki kapasitas 30 tempat duduk dengan relasi Pasar Senen-Jogja (PP). Kelas priority ini mulai beroperasi pada Jumat (13/12) dan akan beroperasi setiap hari. Ia mengatakan penambahan rangkaian priority dilakukan untuk melengkapi pilihan masyarakat untuk memiliki jenis kelas kereta yang akan digunakan.

"Kami beri tambahan pilihan. Selama ini sudah ada kelas ekonomi, ekonomi premium, eksekutif, dan luxury. Sekarang kami tambah priority, jadi semakin lengkap pilihannya," kata dia kepada wartawan dalam jumpa pers peluncuran KA Priority di Stasiun Tugu, Jogja, Rabu (11/12).

Kelas priority ini disambungkan dengan rangkaian Senja Utama YK dan Fajar Utama YK yang berhenti di Pasar Senen. Dengan adanya priority yang berhenti di Pasar Senen dimaksudkan untuk meningkatkan image Pasar Senen. "Kami ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa Stasiun Pasar Senen sudah naik kelas. Biasanya maksimal kelas eksekutif saja. Ini tentunya menjadi pilihan tambahan bagi masyarakat," kata dia.

Para penumpang priority yang berangkat dari Stasiun Tugu mendapatkan fasilitas gratis di Anggrek Lounge sembari menunggu keberangkatan. Para penumpang cukup menunjukkan boarding pass dan kartu identitas. "Untuk mendapatkan tiket pun sama dengan kereta kelas lain. Bisa pakai KAI Access, aplikasi lainnya ataupun channel distribusi eksternal," ujar dia.

Ia mengungkapkan KA Senja Utama YK dan Fajar Utama YK dipilih karena animo masyarakat DIY terhadap moda transportasi kereta api cukup tinggi. Oleh karena itu, PT KA Pariwisata menawarkan layanan yang berbeda. "Dalam peluncuran kami sengaja mengambil momen libur Natal dan Tahun Baru. Kami targetkan okupansinya mencapai 80 persen," kata dia.

Ia menjelasakan kereta kelas priority berhenti di Stasiun Wates, Kutoarjo, Purwokerto, Cirebon, serta Stasiun Jatinegara khusus untuk pemberangkatan dari Stasiun Tugu. PT KA Pariwisata menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis oleh penumpang di kelas priority berupa makan dan minum, snack, teh/kopi, hiburan audio video on demand (AVOD) di setiap kursi penumpang serta layanan wifi on train.

Untuk harga tiket, PT KA Pariwisata memberikan tarif promo untuk kelas priority di KA Fajar Utama YK dan Senja Utama YK mulai dari Rp600.000. Promo ini berlaku 13 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Eko Budiyanto mengungkapkan jajarannya menyambut baik peluncuran kelas priority yang disambungkan dengan kereta api yang berangkat dari Jogja. "Tentunya hal ini menambah pilihan bagi penumpang. Selain itu, ini wujud upaya kami meningkatkan pelayanan pada pelanggan setia kereta api," kata dia.