Dishub Berencana Hidupkan Lagi Trayek Angkutan yang Lewati PHT Pengasih

Petugas memeriksa kendaraan dalam operasi gabungan di ruas jalan Drewolo, Kecamatan Pengasih, Rabu (20/11/2019) pagi. - ist/Dishub Kulonprogo
13 Desember 2019 10:17 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Menanggapi beberapa usulan pedagang di Pasar Hewan Terpadu (PHT) Pengasih khususnya Pasar Burung yang baru saja pindah dua minggu terakhir, Dinas Perhubungan Kulonprogo mempertimbangkan untuk menyediakan trayek angkutan umum yang melewati pasar ini untuk mempermudah akses pedagang dan pembeli ke sana.

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub Kulonprogo, Arif Martono menuturkan beberapa hari ini pihaknya juga sedang membahas hal itu. "Kami kemarin juga mewawancarai pedagang saat wagean, rencananya kami akan temui organda kabupatan minggu depan untuk tanyakan kesiapan mereka," kata Arif, Rabu (12/11/2019).

Dikatakannya, pihaknya akan membahas peluang ini dengan angkutan pedesaan dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP). Menurutnya, ada dan tidaknya angkutan umum kembali lagi pada kemauan perusahaan angkutan apakah berminat mengisi trayek tersebut atau tidak.

Menurut Arif, dulu sempat ada angkutan umum yang melewati jalur itu dari arah timur. Namun, karena semakin lama semakin sepi penumpang, trayek itu akhirnya tak digunakan. "Dulu kita pakai jalur itu karena ada potensi siswa, banyak sekolah di situ," jelasnya.

Membuka trayek baru bagi angkutan umum saat ini menjadi dilematis menurut Arif mengingat minat menaiki angkutan umum saat ini semakin menurun. "Seringnya kita sudah sediakan jalur angkutan umum, tapi enggak ada yang naik. Di sisi lain, kalau enggak ada angkutan, warga pada minta," tuturnya.

Untuk itu, jika harus menyediakan angkutan umum yang melewati PHT Pengasih, pihaknya lebih mempertimbangkan untuk menghidupkan trayek lama untuk efisiensi.

"Saya dapat info beberapa pedagang wagean dari Kokap itu malah nyarter angkutan bersama, mungkin ini dianggap memudahkan juga," kata Arif. Meski begitu, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak supaya usulan pedagang ini bisa terfasilitasi.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Muh. Aris Nugroho juga akan mengupayakan Pasar Burung Pengasih supaya semakin ramai.