Advertisement

Ular Kobra Bermunculan, Puskesmas Siapkan Serum Antibisa

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 19 Desember 2019 - 21:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Ular Kobra Bermunculan, Puskesmas Siapkan Serum Antibisa Anggota Komunitas Gunungkidul Reptil Independen Dino Ahzar Setiawan saat melakukan tes untuk mengetahui jenis kelamin ular kobra yang ditangkap di wilayah Dusun Kepek I, Kepek, Wonosari. Kamis (5/12/2019)-Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seiring semakin maraknya kemunculan ular berbisa di kawasan permukiman, sejumlah puskesmas di Gunungkidul menyiapkan serum antibisa ular. Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan kebersihan lingkungan.

Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty, menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan membersihkan lingkungan dan sekitar tempat tinggal. Tumpukan barang-barang yang berpotensi menjadi sarang ular dan hewan berbahaya lainnnya harus disingkirkan. "Bersihkan lingkungan rumah dan jangan menumpuk barang-barang yang tidak terpakai," kata Dewi saat ditemui Harian Jogja, Kamis (19/12/2019).

Advertisement

Menurut Dewi, untuk mengantisipasi jika ada warga yang digigit ular, seluruh puskesmas di Gunungkidul diminta menyediakan serum antibisa ular. "Setiap puskesmas di Gunungkidul sudah memiliki serum antibisa ular," ujarnya.

Selain untuk mengantisipasi gigitan ular berbisa yang bisa terjadi kapan saja, penyediaan serum ini merupakan standar pengoperasian puskesmas di Gunungkidul, sehingga jauh sebelum maraknya kemunculan ular di sejumlah wilayah di Gunungkidul, puskesmas sudah mempersiapkannya. "Itu [serum antibisa ular] merupakan standar yang harus dipenuhi dalam pengoperasian puskesmas," tutur dia.

Dia mengatakan serum antibisa ular yang disediakan melalui fasilitas kesehatan pemerintah, masyarakat bisa memanfaatkannya secara gratis setelah terdaftar sebagai peserta BPJS. "Kalau di faskes pemerintah gratis, penggunaan BPJS [untuk serum] aturannya sama dengan obat lainnya," ujarnya.

Warga yang terkena gigitan ular berbisa perlu memperhatikan beberapa tindakan awal sebagai langkah pertolongan pertama sebelum dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk penanganan lebih lanjut. "Luka gigitan segera dicuci dengan air mengalir, kemudian dibebat atau diikat di bagian atas dari luka untuk memperlambat menyebarnya racun, tapi jangan terlalu ketat. Setelah itu korban harus segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit," kata Dewi.

Sebelumnya, puluhan anakan ular korban ditemukan di Dusun Kepek 1, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari. Selain di Kepek, anakan ular kobra juga ditemukan di Kecamatan Karangmojo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement