Advertisement

Generasi Milenial Diajak Memetik Inspirasi dari Pahlawan dengan Menulis Buku

Rahmat Jiwandono
Sabtu, 21 Desember 2019 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Generasi Milenial Diajak Memetik Inspirasi dari Pahlawan dengan Menulis Buku Generasi Muda Penggemar Guru Bangsa saat melakukan audiensi di Griya Harian Jogja pada Jumat (20/12/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Generasi Muda Penggemar Guru Bangsa berkunjung ke Griya Harian Jogja pada Jumat (20/12/2019) dalam rangka mengajak generasi muda memetik inspirasi dari pahlawan.

Mereka bekerja sama dengan Komunitas Literasi Kulkas Buku akan mengadakan kegiatan kreatif tersebut pada Senin (23/12/2019) besok di Gedung DPD RI DIY pukul 14.00 WIB. Kegiatan itu merupakan cara cerdas generasi muda memaknai peringatan Hari Ibu dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2019.

Advertisement

Pembimbing Generasi Muda Penggemar Guru Bangsa, Mohammad Fajar Azizi menjelaskan, ketika membaca buku belum tentu bisa memahami isi buku sepenuhnya sehingga hanya fokus. Dengan menulis apa yang sudah dibaca maka akan menjadi lebih mengerti.

"Saat menulis itu perlu referensi yang banyak tidak hanya dari satu buku saja," kata dia kepada Harianjogja.com, Jumat (20/12/2019).

Menurutnya, metode tersebut yang digunakan dan diterapkan kepada pelajar yang masih duduk di bangku SD sampai SMP. Pasalnya, generasi milenial sekarang mobilitasnya terbatas karena sibuk bermain dengan gawainya masing-masing.

"Yang mau kami tonjolkan adalah proses adik-adik belajar literasi," ungkapnya.

Seorang peserta literasi, Czelilyn Dianca Hennice mengatakan, ada tiga buku yang bakal diluncurkan pada acara itu. Ketiga buku itu yakni Romo Mangun Bapak Kos Kami yang Baik, 90 Cerita Gen Milenial Tentang Pahlawan, dan Petualangan Eci.

"Cerita milenial itu tentang pahlawan yang tidak mesti seseorang dan petualang. Eci bercerita soal kunjungan dia ke museum-museum di Jogja," ucapnya.

Bagi Dianca, sosok pahlawannya adalah tokoh fiksi di anime maupun komik dari Jepang. "Karena itu saya yang dulunya sulit bergaul, bisa terbuka sama orang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement