Charity for Disability Harian Jogja Jadi Tempat Pertama Difabel Mengembangkan Hobi

Fotografer Harian Jogja Desi Suryanto (kiri) membimbing peserta workshop fotografi dalam Charity for Disability Mewujudkan DIY Makin Inklusif di Harian Jogja, Sabtu (21/12/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
21 Desember 2019 13:27 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Harian Jogja menyelenggarakan Charity for Disability “Mewujudkan DIY Makin Inklusif”, Sabtu (21/12/2019). Berbagai jenis workshop yang menunjang softskill anak-anak difabel diselenggarakan di dalamnya. Bagi sebagian anak, acara-acara itu merupakan kesempatan pertama mendalami minat dan bakat mereka. Salah satunya dalam workshop fotografi.

Salah satu orang tua yang tergabung dalam Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrom (POTADS), Titik Rahayuningsih, mengatakan sejak kecil anaknya gemar mengambil gambar dengan foto, tetapi belum tahu cara yang benar dan butuh bimbingan dari ahlinya. Namun kelas-kelas fotografi pada umumnya tak menyediakan fasilitas bagi anak difabel seperti anaknya.

Oleh karena itu acara ini merupakan pengalaman pertama bagi anaknya untuk mendalami hobi fotografi dalam workshop fotografi. "Jarang menemukan acara yang mengadakan workshop foto bersama difabel, jadi sebelumnya anak saya belum pernah. Ini bagus buat mengembangkan hobinya sejak kecil," kata Titik.

Di dalam workshop fotografi, fotografer Harian Jogja, Desi Suryanto, berbagi tips tentang membidik foto yang baik dan benar. Mulai dari komposisi foto, angle foto hingga memaknai sudut pengambilan foto.

Di dalam workshop tersebut, Desi tak hanya memaparkan teori. Desi juga membimbing peserta difabel untuk mempraktekkan teori dan berkonsultasi soal hasil foto mereka. "Gaya berkomunikasi dalam workshop dicocokkan dengan kebutuhan mereka, saya berusaha sebisa saya berbahasa isyarat," kata Desi.

"Berada di komunitas istimewa ini harus menggunakan bahasa yang istimewa. Kendala bahasa isyarat ternyata tidak menyurutkan teman tuli untuk belajar. Bahasa bisa kita cipta, yang perting bisa faham bersama," lanjut Desi.

Acara Charity for Disability di Harian Jogja dimulai pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB di halaman kantor Harian Jogja. Setelah menyaksikan berbagai penampilan bakat dari anak-anak difabel, berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari Nyeduh Kopi Bersama, workshop pembuatan kain shibori, workshop fotografi, dan workshop face painting.

Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai pihak mulai dari JNE, Grab, Ayola Tasneem, Hotel Santika Jogja, Hotel The Rich Jogja, Hotel The Atrium, Hotel Pandanaran, Spesial Sambal (SS), Ikat Celup Sibori & Jumputan, maximco, dan Shibri.