Nataru, Polres Bantul Antisipasi Potensi Terorisme dan Sweeping Ormas

Polisi bersenjata berjaga di depan Gereja Kotabaru, Kota Jogja, Minggu (13/5 - 2018). Harian Jogja/Desi Suryanto
21 Desember 2019 20:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kepolisian Resor Bantul telah menyiapkan tim gabungan pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 untuk mengantisipasi berbagai ancaman kejahatan hingga kepadatan lalu lintas, di antaranya adalah potensi ancaman teroris dan sweeping ormas.

Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono mengatakan jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru ini sebanyak 1.400 yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten Bantul dan sejumlah elemen masyarakat. Tiap gereja nantinya akan dijaga oleh minimal 10 orang.

“Mari sama-sama menjaga wilayah Bantul jangan sampai ada gangguan kamtibmas [kemananan dan ketertiban masyarakat]. Kami antisipasi kejahatan terorisme, sweeping ormas, dan pencurian dan pemberatan [pembobolan],” kata Wahcyu, Sabtu (21/12/2019).

Wachyu mengatakan jumlah personel yang mengamankan tiap gereja akan diperhitungkan dengan jumlah jemaah. Jika jemaah mencapai ribuan orang maka personel akan ditambah. Selain dari kepolisian tim pengamanan juga ada dari beberapa ormas.