PT Jasa Raharja DIY Sambut Ratusan Pemudik Nataru 2020

Karyawan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang DIY menyambut pemudik Nataru 2020 di Terminal Giwangan, Sabtu (21/12/2019) malam. - Ist/ Dok PT Jasa Raharja
23 Desember 2019 12:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- PT Jasa Raharja (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk kesekian kalinya melaksanakan Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Mengambil tagline "Musik Bareng Asyik Lancar", Jasa Raharja berkontribusi sebanyak 20 bus dengan kapasitas penumpang 2.475 orang.

Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang DIY, Akhdiyat Setya Purnama mengatakan dari jumlah tersebut ada lima bus yang mengangkut pemudik baik dari Jakarta maupun Bali dengan tujuan Jogja. Mereka tiba di Jogja pada Sabtu (21/12/2019) malam.

Akhiyat mengatakan, tujuan dari kegiatan penyelenggaraan mudik gratis tersebut antara lain untuk mengalihkan pemudik pengguna sepeda motor ke moda transportasi bus dan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

"Kegiatan ini merupakan tahun kedua yang kami gelar. Tujuannya untuk membantu kelancaran para pemudik. Mereka menggunakan moda transportasi bus yang aman dan nyaman," katanya di sela penyambutan para pemudik di Terminal Giwangan Jogja, Sabtu (21/12/2019) malam.

Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Cabang DIY, Afrianti mengatakan Jogja termasuk salah satu kota tujuan dari lima tujuan pemudik di wilayah Jawa. Para pemudik diberangkatkan dari Pulogebang Jakarta dan tiba di Jogja pada Sabtu (21/12/2019). Adapun pemudik dari Bali diberangkatkan pada Senin (23/12/2019) dan tiba di Jogja pada Selasa (24/12/2019).

Selain mengadakan mudik gratis, katanya, Jasa Raharja juga menyelenggarakan pengobatan gratis yang akan dilaksanakan selama 10 hari berturut-turut. "Pada Senin (23/12/2019) kami menggelar pengobatan gratis di Terminal Giwangan beserta dengan tes urine narkoba. Kami bekerja sama dengan Polda DIY," katanya.

Jasa Raharja juga menyediakan sarana dan prasarana dalam upaya pencegahan kecelakaan dan selama libur Nataru. Salah satunya dengan membuat spanduk peringatan atau himbauan sebanyak 40 titik di wilayah DIY. "Selama libur Nataru, kantor pelayanan kami juga tetap buka dari jam 08.00 WIB sampai pukul jam 16.00 WIB di tiga kantor pelayanan," katanya.

Dwi Nuryati, warga Goa Pindul, Wonosari, Gunungkidul mengatakan ia baru pertama kali mengikuti program mudik gratis bersama Jasa Raharja. Dwi juga mengajak dua putrinya untuk mudik dari Jakarta. "Daftarnya lewat online. Lumayan, bisa memangkas ongkos 50 persen. Kalau biasanya Jakarta-Jogja Rp250.000, pulangnya gratis, baliknya nanti bayar sendiri," katanya.

Bekti Zunanta, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Jogja mengatakan sejak 19 Desember lalu terjadi kenaikan penumpang arus mudik Nataru sekitar 7% untuk penumpang dan 6% untuk armada bus. "Untuk puncak arus mudik Nataru, kami perkirakan Minggu (22/12/2019) ini," katanya.

Untuk mengatur kelancaran arus mudik Nataru di terminal tersebut, Bekti mengatakan pihaknya hanya melakukan pengamanan di internal saja. Terdapat 195 pertugas yang diturunkan. Pihaknya juga rutin setiap hari memeriksa kondisi armada dan sopir. Jika ada armada yang bermasalah tidak diperbolehkan untuk jalan. Begitu juga dengan kondisi sopirnya.

"Masyarakat banyak mengunakan bus karena sudah banyak jalan tol, jarak tempuh semakin berkurang, armadanya bagus bagus," katanya. (*)