Halim Perdanakusuma Banjir, Ini Penerbangan di Jogja yang Terdampak

Banjir di Pondok Labu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). - Antara/Reno Esnir
01 Januari 2020 18:27 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Penerbangan Batik Air dan Wings Air terhambat karena  Bandara Internasional Halim Perdanakusuma kebanjiran, Rabu (1/1/2020). Penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto, Sleman, pun terkena imbasnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan 45 penerbangan Batik Air mengalami pengalihan pendaratan dan perubahan rute penerbangan. “Dari jumlah itu sebanyak lima penerbangan dari dan ke Jogja terpengaruh dan mengalami pengalihan,” kata dia.

Lima penerbangan tersebut yakni ID-7542 Adisutjipto–Jakarta mendarat di Soekarno-Hatta, Tangerang; penerbangan ID-7530 Adisutjipto–Jakarta menjadi Adisutjipto–Soekarno-Hatta, Tangerang; penerbangan ID-7533 Jakarta–Adisutjipto menjadi Soekarno-Hatta, Tangerang–Adisutjipto; penerbangan ID-7543 Jakarta–Adisutjipto menjadi Soekarno-Hatta, Tangerang–Adisutjipto; dan penerbangan ID-7532 Adisutjipto–Jakarta menjadi Adisutjipto–Soekarno-Hatta, Tangerang.

Danang mengatakan ada pula penerbangan Batik Air yang rute Jakarta Halim Perdanakusuma yang dibatalkan. Ada 21 penerbangan Batik Air yang dibatalkan dan salah satunya dari Jogja yaitu penerbangan ID-7531.

“Kami juga memetakan dampak lain yaitu potensi keterlambatan kedatangan dan keberangkatan [delay], pada penerbangan ID-6818 Soekarno-Hatta, Tangerang–Padang,” ucap dia dia.

Delapan penerbangan Wings Air juga terpengaruh banjir.

Pengalihan jaringan penerbangan domestik dari dan menuju Jakarta serta pembatalan penerbangan Rabu ini sesuai pemberitahuan resmi dari otoritas bandar udara setempat (Notices to Airmen/ Notam) sampai pemberitahuan lebih lanjut karena cuaca tidak memenuhi kualifikasi keselamatan untuk pesawat lepas landas dan mendarat.

Batik Air dan Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak yang terlibat. Operasional akan kembali normal jika bandara dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan untuk lepas landas dan mendarat.

“Lion Air Group juga memfasilitasi tamu atau penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana [refund], perubahan keberangkatan [reroute], perubahan jadwal keberangkatan

[reschedule] sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,” ujar dia.