Advertisement

Hujan Deras, Dua Talut di Kulonprogo Ambrol

Lajeng Padmaratri
Kamis, 02 Januari 2020 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Hujan Deras, Dua Talut di Kulonprogo Ambrol Talut di Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Girimulyo yang ambrol akibat hujan deras Rabu (1/1/2019) sore. - Harian Jogja/Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan deras lebih dari dua jam pada Rabu (1/1/2019) sore mengakibatkan sejumlah talut di Kulonprogo ambrol. Meski longsor tak menutup jalan dan tidak sampai memakan korban jiwa, warga diminta berhati-hati ketika melewati talut tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ariadi menuturkan hujan kemarin sore menyebabkan dua talut di Dusun Mardigondo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh serta Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo ambrol.

Advertisement

"Itu talut baru, masih dalam masa pemeliharaan. Jalan masih bisa dilewati, tetapi karena tidak mampu menahan beban air, talut jadi ambrol," kata Ariadi, Kamis (2/1/2019).

Ariadi mengungkapkan konstruksi talut tersebut terhitung bagus. Namun karena kontur pegunungan rawan longsor dan hujan yang mengguyur terus-menerus, ambrolnya talut tak dapat dihindarkan.

Hingga saat ini, BPBD Kulonprogo mencatat 70 dampak hujan sejak Desember 2019 lali. "Paling banyak pohon tumbang, ada yang menimpa rumah juga. Kalau longsor yang lapor ke kami ada empat titik, satu menimpa rumah tapi sudah tertangani," ujarnya.

Hujan deras yang turun di Kulonprogo pada bulan lalu sampai menyebabkan salah satu dinding sebuah rumah di Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh jebol. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat ini, dinding itu sudah diperbaiki.

Sementara itu, hari ini Polsek Girimulyo memasang garis polisi di sekitar talut yang ambrol di Dusun Pringtali. Talut yang terletak di jalan kabupaten itu memiliki ketinggian lima meter, tebal dua meter, serta panjang 50 meter.

"Kami pasangi garis polisi untuk mengurangi resiko yang tidak kita inginkan," kata Kapolsek Girimulyo, AKP Sri Purwati.

Ia berharap masyarakat dapat berhati-hati ketika melintas. Selain itu, ia juga meminta pihak rekanan agar cermat dalam mengerjakan proyek ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement