Calon dari Jalur Independen Mulai Kumpulkan Persyaratan

ilustrasi. - dok
09 Januari 2020 22:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sejumlah nama pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen mulai muncul ke permukaan. Bahkan KPU Gunungkidul telah menerima beberapa nama calon independen yang mengajukan surat permohonan rekomendasi agar bisa mengumpulkan syarat dukungan guna maju dalam Pilkada 2020.

Tiga pasangan bakal calon dari jalur independen yang serius mengumpulkan persyaratan masing-masing Suroto berpasangan dengan Y. Sri Rahayu; Anton Supriyadi berpasangan dengan Suparno; Budi Utomo Prasetyo berpasangan dengan Sri Mulyani.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengungkapkan ketiga pasangan tersebut sudah mengajukan surat mandat untuk bisa mengakses sistem Aplikasi Calon (Silon). Menurut dia, ketiga pasangan sudah serius dalam mengikuti proses Pilkada 2020, mengingat di dalam surat permohonan menyebutkan nama-nama pasangan calon yang akan berpartisipasi.

"Yang mereka ajukan itu surat mandat untuk mendapatkan username dan password untuk mengakses Silon. Iya [cukup serius] karena dalam surat itu menyebut mandat nama bakal pasangan calon," kata Hani kepada Harian Jogja, Kamis (9/1/2020).

Hani tak merinci kapan kedatangan para bakal calon independen tersebut. Namun setelah menerima surat permohonan KPU langsung memberikan akses Silon kepada para calon dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis terkait dengan penggunaan aplikasi tersebut.

Aplikasi Silon dipergunakan para calon untuk bisa mencari dukungan sebanyak-banyak sesuai syarat minimal yang telah ditetapkan oleh KPU dan memasukkan data langsung ke dalam aplikasi itu. "Data yang masuk kemudian dicetak, seperti surat penyataan yang dilampiri dengan daftar dukungan, kemudian ditandatangani di atas materai oleh para calon dan diserahkan ke KPU pada 19-23 Februari," ujarnya.

Setelah memenuhi seluruh berkas dan dinyatakan lengkap, para calon dari jalur independen tersebut tinggal menunggu pelaksanaan pendaftaran pada 16-18 Juni 2020 bersama pasangan calon dari jalur partai politik. Untuk pendaftaran, calon dari jalur independen memiliki syarat minimal dukungan sebanyak 45.443 orang dan tersebar minimal di 10 kecamatan yang ada di Gunungkidul.

Salah satu bakal calon bupati dari jalur independen, Budi Utomo Prasetyo, mengaku jika dirinya telah mendatangi KPU Gunungkidul untuk mengajukan surat mandat agar bisa mengakses aplikasi Silon melalui jalur independen. Ia datang bersama calon pasangannya, Sri Mulyani. "Kami sudah mendatangi KPU dan menyerahkan surat permohonan mandat untuk bisa mengumpulkan dukungan," ujarnya, Kamis.