Nitikan Children Choir Gelar Konser It’s Time to Shine

Penampilan Nitikan Children Choir (NCC), SD Muhammadiyah Nitikan Jogja saat konser paduan suaa bertema Its Time to Shine, di Hotel Grand Quality, Sabtu (11/1/2020).-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
12 Januari 2020 00:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kelompok paduan suara Nitikan Children Choir (NCC) SD Muhammadiyah Nitikan Jogja menggelar konser paduan suara bertema It’s Time to Shine, di Hotel Grand Quality, Sabtu (11/1/2020).

Pelatih NCC, Odhi Pratama Maizan, mengatkan tema yang diangkat ini sebagai malam perpisahan NCC generasi pertama, terutama untuk siswa kelas 6. “Konser tutup generasi pertama, generasi kedua sudah audisi juga,” kata Odhi, Sabtu.

Odhi menceritakan NCC generasi pertama telah menorehkan berbagai prestasi. Bahkan hingga lomba tingkat internasional. Mulai dari Februari 2019 di Malang, kemudian di Semarang pada November, dan terakhir di Jogja pada Desember.

“Alhamdulillah setiap lomba dapat gold medal, di Malang gold juara tiga, Semarang kategori anak-anak juara kedua itu lomba tingkat internasional dan ikut dua kategori, satunya lagu daerah gold medal masuk sembilan besar mengalahkan paduan suara dewasa,” katanya.

Kemudian akhir 2019 di Jogja NCC berhasil menyabet juara pertama untuk lagu anak-anak dan lagu daerah. Untuk generasi kedua dikatakannya tantangan akan semakin berat. Mengingat pada September nanti NCC kembali mengikuti lomba bertaraf internasional yakni Makassar World Choir festival. “Itu skala dunia, juri juga dari Amerika, Afrika dan Asia,” ucapnya.

Diharapkan Odhi, ke depan NCC akan semakin baik. “Ke depan harapan pribadi, prestasi yang kemarin didapat di 2019 sebagai motivasi, tidak mudah puas. Prestasi tersebut sebagai batu loncatan, memacu semangat untuk terus berkarya mempertahankan prestasi. SD Muhammdiyah Nitikan, Nitikan Children Choir terus melanjutkan pembelajaran, petualangan tingkat dunia,” katanya.

Ketua Komite NCC, Tri Hartoko, mengharapkan NCC bisa menjadi aset DIY, yang telah berprestasi di luar Jogja bahkan internasional. “Mungkin Jogja belum banyak yang tahu. Di 2020 ini kami akan berusaha tampil setiap bulan, untuk menambah jam terbang dan menampilkan diri. Mungkin bisa mengisi event-event di Jogja,” katanya.

Dikatakannya prestasi yang telah ditorehkan selama ini tidak lepas dari antusiasme anak-anak serta dukungan para orang tua atau wali murid. Diharapkan ke depan juga dapat merambah tampil ke luar Indonesia.

Pada konser bertema It’s Time to Shine menghadirkan folklore pada konser pertama atau lagu daerah dan konser kedua dengan lagu anak-anak. Diisi pula dengan pemberian medali dan sertifikat serta pelepasan dan pemberian kenang-kenangan tim NCC kelas 6.