Jasa Raharja Bantul Siapkan Sistem Klaim via Onlen

Penanggung Jawab Kantor Jasa Raharja Bantul Arnold Dwi (kanan) berbincang-bincang dengan Bupati Bantul Suharsono di Ruang Bupati, kompleks Kantor Pemkab Bantul, Selasa (28/1/2020). - Harian Jogja/Hery Setiawan
28 Januari 2020 21:07 WIB Hery Setiawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Pelayanan Jasa Raharja Bantul akan mengembangkan sistem klaim via daring.

Penanggung Jawab Kantor Jasa Raharja Bantul Arnold Dwi mengatakan rencana itu dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus program jaminan sosial. Menurut dia, sistem pelayanan terpadu dan terpusat menjadi solusi atas kekhawatiran masyarakat saat ada keluarga yang mengalami kecelakaan.  "Kalau semua sistemnya online, tingkat fatalitasnya turun. Yang harusnya luka berat bisa segera ditangani biar enggak tambah parah,” ucap Arnold kepada Harianjogja.com, Selasa (28/1/2020).

Arnold mengatakan selama ini proses klaim jaminan sosial terhitung cukup ribet, lantaran masyarakat harus mengurus dokumen dari satu kantor ke kantor lainnya. Hal itu mengakibatkan waktu mereka pun lebih banyak terbuang di jalan. “Padahal korban juga butuh penanganan secepat mungkin agar nyawanya segera tertolong. Oleh karena itu, sistem layanan online ini diharapkan mampu menekan timbulnya korban jiwa,” ucap dia.

Selain sistem pelayanan online, Arnold mengaku juga akan mengutamakan pencegahan kecelakaan di wilayah Bantul. Hal itu mengacu dari rekam jejak Bantul sebagai daerah dengan tingkat kecelakaan tertinggi di DIY. Wilayah Ring Road, menurutnya, menjadi titik yang paling rawan. Kondisinya ramai karena merupakan jalur selatan yang dilintasi banyak kendaraan dari luar kota.