Advertisement

Bagikan Sertifikat Tanah di Kulonprogo, Jokowi: Jangan Langsung ke Bank Pinjam Rp200 Juta

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 31 Januari 2020 - 12:27 WIB
Nina Atmasari
Bagikan Sertifikat Tanah di Kulonprogo, Jokowi: Jangan Langsung ke Bank Pinjam Rp200 Juta Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan serifikat tanah untuk rakyat di Taman Budaya Kulonprogo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (31/1/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Presiden Joko Widodo membagikan 3.218 sertifikat tanah kepada warga DIY. Penyerahan sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) itu dilangsungkan di Taman Budaya Kulonprogo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (31/1/2020).

Kepada penerima, Jokowi meminta agar sertifikat tersebut dijaga dengan baik. Apabila akan digunakan sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank, penerima diimbau untuk hati-hati dan memperhitungkan betul risiko yang akan dihadapi.

"Kalau sertifikat ini mau dipakai untuk jaminan ke bank atau agunan ke bank tolong dihitung dulu mau pinjem berapa, pergi ke bank mana, jangan langsung keluar dari sini langsung ke bank langsung pinjem Rp200 juta. Jangan gitu, harus diperhitungkan, bisa angsur tidak, bisa nyicil tidak," ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat pagi.

Berdasarkan catatan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, total bidang tanah di DIY berkisar 2,4 juta bidang. Tanah yang suah bersertifikat sampai akhir 2017 mencapai 1,7 juta bidang, dan terus bertambah sampai sekarang. "Dan kita akan selesaikan [pencatatan dan sertifikasi tanah] tahun ini," ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement