Bagikan Sertifikat Tanah di Kulonprogo, Jokowi: Jangan Langsung ke Bank Pinjam Rp200 Juta

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan serifikat tanah untuk rakyat di Taman Budaya Kulonprogo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (31/1/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
31 Januari 2020 12:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Presiden Joko Widodo membagikan 3.218 sertifikat tanah kepada warga DIY. Penyerahan sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) itu dilangsungkan di Taman Budaya Kulonprogo, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (31/1/2020).

Kepada penerima, Jokowi meminta agar sertifikat tersebut dijaga dengan baik. Apabila akan digunakan sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank, penerima diimbau untuk hati-hati dan memperhitungkan betul risiko yang akan dihadapi.

"Kalau sertifikat ini mau dipakai untuk jaminan ke bank atau agunan ke bank tolong dihitung dulu mau pinjem berapa, pergi ke bank mana, jangan langsung keluar dari sini langsung ke bank langsung pinjem Rp200 juta. Jangan gitu, harus diperhitungkan, bisa angsur tidak, bisa nyicil tidak," ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat pagi.

Berdasarkan catatan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, total bidang tanah di DIY berkisar 2,4 juta bidang. Tanah yang suah bersertifikat sampai akhir 2017 mencapai 1,7 juta bidang, dan terus bertambah sampai sekarang. "Dan kita akan selesaikan [pencatatan dan sertifikasi tanah] tahun ini," ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.