Gelar Donor Darah, THE 1O1 Yogyakarta Ajak Turunkan Risiko Kanker

Kegiatan donor darah THE 1O1 Yogyakarta Tugu - Ist
03 Februari 2020 22:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Hari kanker sedunia diperingati setiap 4 februari. Peringatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terhadap Kanker dan mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan kanker itu sendiri.

Hari kanker sedunia dibentuk oleh union for international cancer control (UICC) untuk mendukung deklarasi kanker dunia, yang dibuat pada tahun 2008. Tujuan utama dari hari kanker sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan yang ditargetkan pada tahun
2020.

THE 1O1 Yogyakarta Tugu bekerja sama dengan Arsenal Indonesia Supporter (AIS) dan UPTD RSUP Sardjito mengadakan donor darah pada 10 Januari 2020, acara ini dilakasanakan untuk menyambut hari kanker sedunia dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penyakit kanker.

Donor darah kali ini digelar pada sore hari mulai dari pukul 14.30 – 19.00 di Malioboro Meeting Room THE 1O1 Yogyakarta Tugu. "Antusiasme para pendonor sudah terlihat sejak pukul 14.00 WIB yang telah berkumpul di Pre Function Malioboro Meeting Room untuk melakukan registrasi," kata Arifin N selaku Marketing Communication THE 1O1 Yogyakarta Tugu, melalui rilis, Senin (3/2/2020).

Acara ini juga terbuka untuk umum dan tamu yang sedang menginap di hotel. Pendonor harus melewati beberapa prosedur sebelum menyumbangkan darahnya.

Pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, calon pendonor harus melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah,dan kadar Hemoglobin. Apabila pendonor tidak memenuhi kriteria berat badan, tekanan darah,dan kadar Hemoglobin yang telah ditetapkan, pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya.

Ketiga, apabila lolos dari pengecekan dan telah memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah. Diikuti 86 peserta dan terkumpul sejumlah 77 labu darah, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu di adakan sejaktahun 2014 lalu hingga saat ini.

Manfaat dari donor darah sendiri adalah menurunkan risiko kanker hingga 88%, membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan, mengurungi penyakit jantung, meningkatkan produksi darah, membuat pikiran lebih stabil, bagian dari periksa kesehatan, menurunkan kolesterol dan bisa mempercepat proses pemulihan luka.

THE 1O1 Yogyakarta Tugu akan kembali mengadakan donor darah pada 15 April 2020 bekerjasama dengan Arsenal Indonesia Supporter (AIS) dan UPTD RSUP Sardjito kembali, acara ini juga akan dilakukan secara nasional dan serentak oleh AIS, kami berharap bisa memberikan wadah bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk berbagi & hidup sehat.