Ramah Lingkungan, Hotel Jaringan Archipelago International Tak Sediakan Air Mineral dalam Botol

Jajaran manajemen dari hotel-hotel jaringan Archipelago International ketika berkunjung ke Harian Jogja, Senin (10/2/2020). - Harian Jogja/Nina Atmasari
10 Februari 2020 16:57 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Hotel-hotel yang berada dalam jaringan pengelolaan Archipelago International telah menerapkan konsep ramah lingkungan. Hal ini dilakukan dengan mengurangi sampah plastik dari barang-barang yang ada di hotel.

Regional Marketing & Communication Manager Archipelago International, Dina Yudhari mengungkapkan hotel yang ada di jaringannya kini tidak lagi menyediakan air mineral dalam botol. "Kami menyediakan teko yang bisa diisi ulang dengan air mineral yang disediakan di koridor hotel," jelasnya, ketika berkunjung ke Harian Jogja, Senin (10/2/2020).

Teko serupa juga disediakan untuk tamu yang menggunakan fasilitas meeting room. Penggunaan teko ini bertujuan mengurangi sampah plastik sebab di jaringan Archipelago International yang telah memiliki 135 hotel, setiap tahunnya menghabiskan 60.000 botol plastik air mineral.

Selain botol, mereka juga tidak lagi menggunakan sisir dan sikat gigi berbahan plastik. Benda-benda yang disediakan untuk tamu yang menginap ini dibuat menggunakan bahan dari kayu. Adapun pembungkusnya menggunakan kertas. "Konsep ramah lingkungan ini sudah kami lakukan dua tahun terakhir. Awalnya diterapkan di hotel-hotel baru, kini hampir semua sudah menerapkan," tambahnya.

Kunjungan ke media ini tersebut diikuti oleh jajaran manajemen dari hotel-hotel jaringan Archipelago International wilayah Jogja, Solo dan Semarang, meliputi Grand Aston Hotel & Convention Center Yogyakarta, Harper Mangkubumi Yogyakarta, The Alana Hotel & Conference Center Malioboro, Aston Inn Pandanaran Semarang, Aston Solo Hotel, serta The Alana Hotel & Convention Center Solo.

Pada kesempatan itu, setiap perwakilan dari hotel-hotel tersebut memaparkan promo di hotel mereka. Hampir semua hotel menawarkan promo merayakan Hari Valentine dengan romantic dinner. Grand Aston Hotel & Convention Center Yogyakarta salah satunya. Hotel ini menawarkan dua konsep dinner di Hari Valentine berupa all U can eat seharga Rp125.000 per orang dan dinner set seharga Rp300.000 per couple.

"Tamu dinner akan ditemani dengan live music, serta ada bagi-bagi voucher," kata Public Relations Officer Grand Aston Hotel & Convention Center Yogyakarta, Yolanda Prabandini.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono menyambut baik kunjungan tersebut. "Kami terbuka untuk bekerja sama, kami berharap bisa terjalin kerja sama yang saling menguntungkan," katanya.