Advertisement

Siswa SMKN 3 Jogja Belajar Fiber Optik

Rahmat Jiwandono
Senin, 17 Februari 2020 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Siswa SMKN 3 Jogja Belajar Fiber Optik Staf Biznet (berdiri) memaparkan materi tentang fiber optik di SMK Negeri 3 Jogja.-Harian Jogja - Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 61 siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Negeri 3 Jogja dikenalkan dasar-dasar Internet dan fiber optik.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh perusahaan infrastruktur digital, Biznet, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Branch Supervisor Biznet, Tazqy Hidayat, mengatakan kegiatan kali ini bertajuk Biznet Goes to School. Biznet menyasar SMK yang memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan tetapi belum memiliki alat peraga fiber optik.

"Oleh karena itu kami sosialisasikan dan dipraktikkan secara langsung oleh murid," katanya saat ditemui Harianjogja.com, Senin (17/2/2020).

Biznet Goes to School diharapkan bisa diadakan setiap bulan. Selama ini kegiatan serupa baru bisa diselenggarakan setiap tahun.

Pihaknya menargetkan ada 10 sekolah yang akan dikunjungi. Sejauh ini jangkauan Biznet ada di Desa Condongcatur, Depok, Sleman; daerah Kusumanegara, Kota Jogja; Kalitirto, Berbah, Sleman dan di Godean, Sleman. Jangkauan ini menurutnya masih kecil dan ia berharap bisa menjangkau semua area di Jogja. "Harapannya setiap kabupaten bisa kami masuki," ujarnya.

Menurut dia keunggulan Internet memakai fiber optik antara lain tidak tergantung pada daya listrik maupun tenaga lainnya. "Jaringan Internet tetap bisa menyala dan apapun kondisi cuacanya tetap stabil," jelas dia.

Kepala jurusan Teknik Komputer Informatika (TKI), Tri Antoro, menuturkan sekolahnya sudah dikunjungi sebanyak tiga kali untuk diberikan workshop mengenai jaringan Internet.

Advertisement

Tri berharap kompetensi para siswa tentang fiber optik bisa tercapai dengan kegiatan tersebut. "Harapannya mereka bisa memasang layanan kabel fiber optik," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei Indikator: Polri Masih Terpuruk

News
| Senin, 28 November 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement