Advertisement

Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot, Diduga Hewan yang Muncul Beberapa Hari Terakhir

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 28 Februari 2020 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot, Diduga Hewan yang Muncul Beberapa Hari Terakhir Kondisi bangkai hiu paus yang terdampar di Pantai Congot, Kapanewon Temon, Jumat (28/2/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Seekor hiu paus ditemukan mati terdampar di Muara Sungai Bogowonto yang masuk kawasan Pantai Congot, Kapanewon Temon, Jumat (28/2/2020). Diduga bangkai hewan bernama latin Rhincodon typus sama dengan yang muncul di pesisir Kulonprogo beberapa waktu lalu.

Koordinator Sarlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko mengatakan bangkai hewan yang dilindungi itu ditemukan pertama kali oleh sejumlah warga yang tengah memancing di kawasan tersebut sekitar pukul 06.00 WIB.

Advertisement

Melihat hal itu, warga lantas melapor ke POS TNI AL yang tak jauh dari lokasi penemuan dilanjutkan laporan ke personil SRI Wilayah V Kulonprogo. Berangkat dari laporan tersebut, langsung ditindaklanjuti dengan menuju ke tempat penemuan.

"Dari hasil pendataan diketahui panjangnya sekitar 4,5 meter, lebar kepala 1 meter dan sirip 60 cm, tidak ditemukan luka terhadap bangkai tersebut, kemungkinan ini hius paus yang sebelumnya muncul pesisir Kulonprogo," ujar Aris ditemui di lokasi penemuan, Jumat siang.

Personil SAR dibantu warga sekitar, polisi dan TNI, saat ini telah mengevakuasi bangkai tersebut ke daratan yang lebih tinggi. Garis polisi telah dipasang agar tidak diambil oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Sekarang kami masih menunggu dari BKSDA DIY untuk langkah tindak lanjutnya," ucap Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement