Begini Kronologi Lengkap Pecah Bentrok Driver Ojol Jogja Vs Massa Debt Collector

Ribuan massa driver ojek online saat pecah kerusuhan di Ring Road Utara, Kamis (5/3/2020)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
05 Maret 2020 21:37 WIB Bhekti Suryani Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kerusuhan pecah antara ratusan hingga ribuan driver ojek online (ojol) di Jogja dengan sekelompok massa yang diduga debt collector. Sejumlah orang dikabarkan terluka akibat peristiwa ini.

Berikut kronologi kejadian yang dihimpun Harianjogja.com dari lapangan serta dari sejumlah sumber:

- Selasa (3/3/2020) sekitar pukul 18.00 WIB, salah satu driver ojol bernama Luthfi Aditya Kusuma, 29, warga Samigaluh, Kulonprogo diduga dianiaya oleh sejumlah debt collector (DC) dari perusahaan leasing.

- Rabu (4/3/2020): Ratusan pengendara ojol menggeruduk salah satu perusahaan leasing yang berada di Jalan Wahid Hasyim, Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman. Penggerudukan itu mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas atas penganiayaan yang dialami Luthfi Aditya Kusuma.

- Kamis (5/3/2020) siang, pengendara ojek online (ojol) dan sejumlah orang yang diduga debt collector terlibat aksi saling lempar batu di Ring Road Utara, sebelah timur Polsek Depok Timur. Puluhan orang berjaket ojol warna hijau dan sekumpulan massa saling melemparkan batu dan mengumpat di tengah jalan. Akibatnya, Ring Road Utara sempat macet dan dipenuhi ketegangan.

- Kamis (5/3/2020) siang sekitar pukul 15.45 WIB, ratusan driver ojol yang tersulut emosi merusak beberapa kantor leasing di Jalan Wahid Hasyim, Condongcatur, Depok, Sleman. Perusakan tak hanya memecah kaca jendela. Sejumlah barang seperti kursi, meja serta kertas perjanjian juga di bakar. Api disulut.

- Kamis (5/3/2020) sore sekitar pukul 16.00 WIB, sejumlah pengemudi ojol yang melintasi Jalan Babarsari dianiaya sekelompok orang. Sejumlah pengemudi ojol menyebut ada tiga hingga empat orang mengalami luka bacok, dua mengalami luka tembak dari senjata diduga air softgun. Massa dari driver ojol berdatangan ke lokasi. Bentrokan tak terhindarkan. Sekelompok massa diduga dari kelompok debt collector terlihat berlarian menyerang menggunakan senjata keras seperti kayu. Polisi turun mengamankan lokasi.

- Kamis (5/3/2020)sekitar pukul 17.58 WIB, tiga truk pasukan tambahan dari kepolisian didrop ke lokasi pecah bentrok di Babarsari.

- Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 18.00 WIB, Jalan Babarsari ditutup, massa diduga dari kelompok DC dipukul mundur ke arah Jalan Solo (selatan).

- Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 18.20 WIB, polisi berdialog dengan massa driver ojol meminta massa membubarkan diri.

- Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 19.00 WIB, massa driver ojol berangsur membubarkan diri. Jalan Babarsari kembali dibuka untuk umum.