Advertisement

Pekerja Asal Wates Meninggal di Taiwan, Keluarga Terima Klaim Asuransi Rp85 Juta

Catur Dwi Janati
Rabu, 18 Maret 2020 - 01:17 WIB
Nina Atmasari
Pekerja Asal Wates Meninggal di Taiwan, Keluarga Terima Klaim Asuransi Rp85 Juta BPJS Ketenagakerjaan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Wates meninggal dunia setelah mengalami insiden kecelakaan kerja di sebuah Pabrik Kertas di Taiwan pada (15/2/2020).

Atas kejadian tersebut BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan klaim asuransi JKM (Jaminan Kematian) sebesar Rp85 juta kepada ahli waris yakni Sukirin dan Sukati yang merupakan orang tua almarhum.

Advertisement

Dana asuransi JKM diberikan kepada orang tua mendiang oleh perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kulonprogo, Ria Wati Sukandi pada Selasa (17/3/2020) di Ruang Nuri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulonprogo. Ria mengaku turut berduka cita atas meninggalnya almarhum.

Direktur Utama PT Suryapacific Jaya Sidoarjo, Budidjaja Sidarahardja, berterima kasih kepada keluarga dan Disnakertrans Kulonprogo sehingga pencairan klaim asuransi BPJS Ketenagakerjaan dapat terealisasi dengan lancar dan cepat. “Kami berusaha semaksimal mungkin dalam proses pemulangan jenazah dari Taiwan,” kata Budidjaja.

Sementara itu Kepala Dinas Nakertrans Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana mengatakan akan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat pencari kerja.

"Dari kejadian ini, pekerja yang secara legal akan mendapatkan perlindungan dalam bekerja, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau masalah bisa segera ditangani," ujar Eko.

Eko mengimbau kepada masyarakat yang ingin bekerja dimanapun untuk mendaftarkan diri secara legal. "Karena kalau legal akan memudahkan ketika ada masalah akan terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, meski sekali lagi kejadian (kecepatan kerja) seperti ini tidak kita inginkan," kata Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement