Terima 1.200 Paket APD dari Pusat, DIY Tetap Akan Lakukan Pengadaan

Foto ilustrasi: Penanganan pasien virus Corona. - Reuters
23 Maret 2020 16:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY memperoleh bantuan sekitar 1.200 paket alat pelindung diri (APD) dari Pemerintah Pusat untuk menangani pasien Covid-19. Selain itu Pemda DIY akan segera melakukan pengadaan APD untuk mengantisipasi kekurangan.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Pembajun Setyaningastutie menyatakan pihaknya terus berupaya untuk mencukupi kebutuhan APD untuk berbagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Saat ini ada bantuan sekitar 1.200 paket APD yang terdiri dari bantuan Kementerian Kesehatan sebanyak 200 paket dan bantuan BNPB sekitar 1.000 paket. Meski demikian pengadaan APD akan tetap dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan.

"Kalau kami sudah selalu minta, sudah pesan, ini kan ada bantuan dari BNPB, Kemenkes turun sekitar 200 paket, [kalau BNPB] sekitar 1000 APD, kita selalu berdoa [kasusnya] tidak naik. [Sehingga kebutuhan APD] masih cukup, tetapi kita tetap memesan [melakukan pengadaan]," katanya di Kepatihan, Senin (23/3/2020).

Pembajun mengakui APD memang termasuk kebutuhan mendesak dalam penanganan Covid-19. APD tersebut meliputi satu paket seperti head cap, kacamata goggle, sarung tangan dan lain-lain. Untuk meminimalisasi kekurangan, pihaknya melakukan klasifikasi penanganan yang harus menggunakan ADP tertentu.

Ia mengakui jika ingin ideal semua penanganan harus menggunakan APD lengkap. Tetapi jika diterapkan ideal maka dikhawatirkan akan kekurangan APD. Sehingga saat ini lebih ditekankan pada penanganan pasien bisa terlayani.

"Kalau kita bilang APD itu kan satu paket, mulai dari head cap, safety goggle dan lainnya. Itu tadi karena keterbatasan, para dokter patologi klinik sudah memisahkan. Kalau kondisinya seperti ini cukup pakai [APD] ini, kalau kita mau ideal semua ya enggak cukup APD-nya, daripada tidak merawat, pokoknya kami [melihat] bagaimana tingkat keparahan dan ketersediaan mudah-mudahan masih cukup," katanya.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mendukung pengadaan APD harus segera dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan. APD yang saat ini ada harus segera didistribusikan ke rumah sakit. Huda sepakat jangan sampai ada tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 justru kekurangan APD.

"APD Dinkes sudah siap, tetapi masih kurang karena kebutuhan nya sangat banyak. Kami minta APD yang ada segera didistribusi dan segera melakukan pengadaan lagi karena jumlahnya masih sangat kur