Isi Kekosongan saat Wabah Corona, Mahasiswa Papua Lakukan Kerja Bakti

Foto ilustrasi: Sampel darah untuk pengujian virus corona. - REUTERS
24 Maret 2020 22:27 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kebijakan kampus untuk 'meliburkan' kuliah berdampak pada luangnya waktu kosong mahasiswa. Untuk mengisi waktu kosong, kegiatan mahasiswa di asrama diisi dengan kegiatan positif.

Puluhan Mahasiswa Papua misalnya menggelar aksi gotong royong dan olah raga di Asrama Kamasan Jogja. Selain untuk meningkatkan kesadaran akan wabah virus Corona penyebab Covid-19, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu yang sudah terjadi beberapa hari terakhir.

"Kami setiap hari Minggu pagi rutin melakukan gotong royong bersih-bersih lingkungan dan asrama untuk menjaga kesehatan mahasiswa yang tinggal di asrama Kamasan," kata Ketua Asrama Papua Kamasan Jogja Linus Kogoya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (24/3/2020).

Di samping guna menjaga kesehatan mahasiswa yang tinggal di asrama, kegiatan itu juga untuk mematuhi kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah agar masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah atau asrama. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan menangkal penyebaran Covid-19.

"Pola hidup sehat dan menjaga kebersihan menjadi prioritas bagi mahasiswa Papua. Kami juga menggelar kompetisi sepak bola di halaman asrama untuk mengusir kejenuhan," katanya.

Aktivitas yang dilakukan mahasiswa Papua tersebut diapresiasi oleh Kanit 2 Subdit 4 Ditintelkam Polda DIY Kompol Danang Wibowo. Menurutnya, aktivitas positif tersebut bisa dilakukan oleh asrama lainnya untuk mengisi kekosongan waktu senggang mahasiswa. "Untuk menjaga kebugaran dan kekompakan mahasiswa kegiatan itu positif. Untuk menjaga kebersamaan dan mencegah dari infeksi virus Corona," katanya.

Menyikapi situasi dan kondisi saat ini, katanya, penerapan PHBS diharapkan bisa mencegah penyebaran virus Corona ataupun penyakit lainnya. "Mahasiswa kan masih kuliah secara online. Agar tidak jenuh di asrama mereka bisa mengadakan kegiatan seperti itu, olah raga atau kerja bakti," katanya. *