Dinsos Salurkan Bantuan ke Keluarga Positif Covid-19

Ilustrasi bantuan
30 Maret 2020 21:27 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Sosial (Dinsos) Gunungkidul terus memberikan perhatian kepada keluarga pasien positif Covid-19 yang berada di Kecamatan Ponjong yang saat ini mengisolasi diri secara mandiri. Salah satunya terkait dengan bantuan logistik sebagai pemenuhan makanan dan kehidupan sehari-hari. "Kami menyalurkan bantuan logistik tetapi jumlahnya terbatas," kata Kabid Kesejahteraan Sosial Dinsos Gunungkidul, Hadi Hendro Prayoga, Senin (30/3/2020).

Ia menuturkan bantuan tidak hanya berupa logistik, tetapi juga pengecekan kesehatan kepada keluarga penderita. Hendro menuturkan bantuan tersebut merupakan kali pertama yang disalurkan kepada keluarga pasien positif Corona. Saat ini Dinsos terus melihat perkembangan status Covid-19 di Gunungkidul.

Hendro mengungkapkan untuk saat ini bantuan diberikan kepada keluarga yang berstatus positif. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), Dinsos belum menerima instruksi lebih lanjut. Namun, rencananya Kementerian Sosial bakal menyalurkan bantuan berupa beras. "Untuk mekanismenya seperti apa, kami masih menunggu kebijakan dari Pusat," kata Hendro.

Dijelaskan Hendro, bantuan tidak hanya bagi keluarga yang positif, tetapi juga kepada para tenaga medis yang selama ini berjuang di garda terdepan dalam perawatan para korban. Bantuan sosial yang diberikan tersebut berasal dari sejumlah lembaga dan perorangan yang tergerak secara mandiri untuk turun dalam aksi nyata membantu melawan Covid-19.