Ribuan Pemudik Berdatangan, Pemda DIY Siapkan 5 Lokasi Karantina

Foto dari bentuk tiga dimensi model Virus Corona. - Reuters/ Dado Ruvic
31 Maret 2020 21:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menyiapkan lima lokasi karantina bagi pemudik yang masuk ke wilayah DIY untuk mengendalikan penyebaran virus Corona. Lima lokasi yang berada di setiap kabupaten dan kota ini masih digodok agar benar-benar layak.

Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi menyatakan jawatannya bersama kabupaten dan kota sudah menyiapkan sejumlah lokasi yang bisa dijadikan sebagai tempat karantina bagi pemudik yang masuk ke wilayah DIY. Lokasi tersebut harus memenuhi sejumlah standar karantina sehingga perlu dilihat kelayakannya.

“Kami sudah siapkan ada lima lokasi gedung, yang berada di kabupaten dan kota, baik di Kota Jogja, Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, Sleman dan Bantul. Semua sudah ditentukan, untuk Kulonprogo saat ini masih dalam tahap melihat sisi kelayakan,” katanya, Selasa (31/3/2020).

Untung belum dapat merinci alamat lokasi gedung yang akan dijadikan sebagai tempat karantina pemudik.

"Intinya kami sudah siapkan itu [lokasi karantina bagi pemudik di wilayah DIY]," ujarnya.

Untung menambahkan lokasi karantina tersebut bukan seperti barak, tetapi harus memenuhi standar Dinas Kesehatan DIY dan protokol penanganan Covid-19. "Tentu ada beberapa persyaratan yang akan menentukan misal satu gedung cukup untuk berapa orang,," ujarnya.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara mengatakan Pemda belum menentukan kebijakan pemberlakuan karantina bagi pemudik. Namun, lokasi karantina sudah mulai disiapkkan. “Yang kami harapkan semua yang datang, statusnya adalah ODP yang melakukan isolasi diri,” katanya.

Hingga saat ini, ribuan pemudik sudah pulang ke DIY dari berbagai wilayah di Indonesia.