Advertisement

AMSI DIY Bagikan Masker untuk Insan Media

Media Digital
Rabu, 01 April 2020 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
AMSI DIY Bagikan Masker untuk Insan Media Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY Anton Wahyu Prihartono (kiri) menyerahkan masker kepada Kepala Biro Suarajogja.id Rendy Adrikni Sadikin. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY membagikan masker untuk jurnalis dan insan media anggota AMSI. Pembagian masker tersebut merupakan salah satu upaya untuk melindungi jurnalis dan insan media saat melaksanakan tugas di tengah pandemi virus Corona.

Ketua AMSI DIY Anton Wahyu Prihartono mengatakan jurnalis maupun insan media punya tanggung jawab untuk memberikan informasi terpercaya bagi masyarakat. Di sisi lain, kondisi saat ini tidak  memungkinkan wartawan untuk selalu ke lapangan terus menerus.

Advertisement

"Masker yang kami berikan untuk media anggota AMSI mungkin tidak banyak, tetapi semoga bisa membantu sehingga teman-teman jurnalis bisa berkeja dengan tenang dan aman," kata Anton Prihantoro, Rabu (1/4/2020).

Dia berharap para jurnalis bisa memberikan informasi termasuk up date kasus Covid-19 dengan baik.

“Dalam situasi seperti ini jurnalis harus bisa memberikan informasi yang edukatif kepada masyarakat agar bagaimana masyarakat bisa terhindar dari virus ini. Misalnya kampanye physical distancing atau jaga jarak atau tetap mengimbau kepada masyarakat untuk di rumah saja. Harapannya ini bisa memutus persebaran virus Corona,” imbuh Anton.

Dikatakannya, penggunaan masker bisa menghambat penularan Covid-19. Pembagian masker ini juga selaras dengan imbauan dari AMSI Pusat yang meminta aktivitas peliputan jurnalistik untuk mengutamakan keselamatan dari wabah coronavirus.

AMSI menyerukan kepada seluruh anggota AMSI di seluruh Indonesia, agar meminta tim peliputan: wartawan, fotografer, videografer,  atau unit apapun yang meliput acara publik, termasuk konferensi pers di lembaga pemerintah maupun instansi publik lainnya, untuk mempertimbangkan kehadiran dalam kegiatan konferensi pers yang berpotensi mengundang kerumunan.

Jika kehadiran tersebut tak bisa dihindarkan, diharapkan tim liputan senantiasa menjaga jarak aman di lokasi konferensi pers atau kegiatan publik tersebut, sesuai ketentuan World Health Organization (WHO).

AMSI mengingatkan setiap perusahaan media wajib memastikan keselamatan dan kesehatan setiap jurnalisnya di lapangan. Kepada lembaga pemerintah dan perusahaan swasta, agar  memaksimalkan penggunaan teknologi digital dalam  publikasi dan pengelolaan informasi.

AMSI juga mengimbau agar seluruh media, agar terus-menerus  mengedukasi publik dengan mencari informasi dari para ahli dan pakar, agar semua selamat menghadapi wabah virus corona ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement