Subardi Pimpin Gerakan Nasdem DIY Redam Corona

Subardi saat meninjau alat perlindungan diri hasil produksi UII. - Ist/dok
05 April 2020 13:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem DIY turun tangan mencegah penyebaran wabah Corona di lima kabupaten kota se-DIY. Upaya itu meliputi penyemprotan disinfektan, pembagian ribuan masker, dan pembagian ribuan pamflet berisi pencegahan Corona. Wilayah yang disasar antara lain tempat ibadah seperti masjid dan gereja, permukiman warga, jalan raya, hingga pasar tradisional.

Ketua DPW Nasdem DIY, Subardi mengatakan pihaknya sengaja menyisir lokasi berkumpulnya masyarakat karena potensi penularannya cukup besar. “Kami ingin upaya pencegahan disertai dengan penyadaran sosial. Maka kami lakukan penyemprotan dan pembagian masker dan pamflet. Upaya pencegahan itu penting, lebih penting dari tindakan apapun. Kita tidak ingin jumlah pasien Corona bertambah,” katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (5/4/2020).

Baru-baru ini Subardi juga meninjau pembuatan Alat Perlindungan Diri (APD) oleh mahasiswa teknik Universitas Islam Indonesia (UII) di Sleman. Kedatangannya sebagai bentuk dukungan atas inovasi dan kepedulian para mahasiswa.

"Sebuah kontribusi nyata dari adik-adik generasi muda, mereka memproduksi APD seperti pelindung muka, masker, hand sanitizer hingga mencapai 1000 unit berstandar WHO. Saya mendukung terobosan ini sekaligus berharap UII bisa mempelopori pembuatan robot medis," katanya.

Bergerak di Jalur Sosial dan Politik

Subardi menggerakkan perangkat organisasi Nasdem untuk melawan Corona. Gerakan ini melibatkan lebih dari 500 kader Nasdem se-DIY yang didampingi praktisi kesehatan. Mereka bergerak secara terstruktur dengan protokol penanganan Corona. "Setiap tim terdiri dari 3-5 orang yang dilengkapi alat pelindung diri. Kami sengaja merampingkan komposisi tim agar tidak terjadi kerumunan massa."

Selain pendekatan sosial, Nasdem DIY juga menggalang dukungan melalui anggota DPRD di lima kabupaten kota dan provinsi. Anggota DPRD Fraksi Nasdem wajib menggalang dukungan untuk menambah anggaran penanganan Corona. Dukungan anggaran dari DPRD dapat memperkuat Satgas Covid-19 di tiap daerah. "Dari sisi politik saya dorong teman-teman di DPRD agar ada pengalihan anggaran. Tambahan anggaran untuk memperkuat Satgas. Besarannya bisa dibahas lebih lanjut,”  ungkapnya.

Usaha membendung Corona melalui jalur sosial dan politik terus bergulir hingga beberapa hari ke depan. Anggota Komisi VI DPR RI tersebut memimpin langsung tim Nasdem di masing-masing kabupaten kota. Subardi khawatir jika penanganan Corona lemah bisa memicu banyak korban. Apalagi DIY akan kedatangan gelombang pemudik dari Jakarta. “Yang dibutuhkan saat ini adalah aksi nyata dan kolaborasi dengan segenap lapisan masyarakat," pungkasnya.