Advertisement

Pulang dari Amerika, ABK asal Kulonprogo Positif Corona

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 10 April 2020 - 09:27 WIB
Nina Atmasari
Pulang dari Amerika, ABK asal Kulonprogo Positif Corona Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Setelah beberapa hari mencatat angka nol, pasien positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kulonprogo, bertambah satu kasus per Kamis (9/4/2020). Satu warga Kulonprogo yang dinyatakan positif corona itu kini tengah menjalani perawatan di RSUD Wates.

Juru bicara RSUD Wates untuk penanganan COVID-19, dr. Albertus Sunuwata Triprasetya mengatakan pasien tersebut dinyatakan positif terjangkit corona berdasarkan hasil tes swab Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Advertisement

"Kasus [positif] pertama kemarin kan bayi, dan sudah sembuh, nah ini ada lagi, pria dewasa usianya sekitar 30 tahun, baru masuk tadi siang pukul 13.00 WIB," ujar pria yang akrab disapa Sunu ini kepada wartawan, Kamis malam

Sunu menjelaskan, pasien ini telah menjalani tes swab sejak dua pekan lalu. Tes dilakukan karena pasien ini sempat bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di Amerika dan baru pulang ke Kulonprogo sekitar akhir Maret 2020.

"Begitu pulang ia menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Kulonprogo, sekaligus diambil sampel dari tubuhnya buat tes swab," ucapnya.

Sembari menunggu hasil tes swab keluar, pasien ini kata Sunu sudah diminta menjalani isolasi mandiri di rumah. Belum ada sepekan isolasi, hasil tes itu sudah keluar, dan pasien ini dinyatakan positif terjangkit corona.

Sunu mengatakan, meski dinyatakan positif corona, pasien ini tidak menunjukkan gejala penyakit seperti batuk atau sesak nafas. Sekilas lanjut Sunu, pasien ini seperti orang sehat pada umumnya. "Sehat tanpa gejala, bahkan tadi bisa jalan sendiri, tak perlu pake kursi roda kaya pasien lain, dia juga tidak ada keluhan batuk maupun sesak nafas," ujarnya.

Meski begitu, pasien ini tetap akan menjalani perawatan sesuai dengan prosedur penanganan pasien corona. "Selama proses perawatan ini juga akan dilakukan tes swab sebanyak dua kali, semoga hasilnya negatif," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement