Advertisement

Terinfeksi Corona, Pemuda di Kulonprogo Ini seperti Orang Sehat, Tak Ada Gejala

Newswire
Jum'at, 10 April 2020 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Terinfeksi Corona, Pemuda di Kulonprogo Ini seperti Orang Sehat, Tak Ada Gejala Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kasus positif Covid-19 yang menjangkiti seorang pemuda di Kulonprogo diketahui tanpa gejala.

Seorang warga di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Dia telah menjalani perawatan di RSUD Wates sejak Kamis (9/4/2020).

Advertisement

Juru Bicara RSUD Wates untuk Penanganan Covid-19 Albertus Sunuwata Triprasetya mengatakan pasien tersebut merupakan anak buah kapal di Amerika yang pulang ke Kulonprogo pada akhir Maret 2020. Pasien telah menjalani pemeriksaan laboratorium dua pekan lalu.

"Begitu pulang dia menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Kulonprogo, sekaligus diambil sampel dari tubuhnya buat tes swab. Hasilnya, pasien tersebut dinyatakan positif terjangkit corona berdasarkan hasil tes swab Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta," kata Sunu, Jumat (10/4/2020).

Dia mengatakan sampai saat ini ada dua kasus Covid-19 di Kulonprogo. Satu dari dua pasien positif yang masih berusia empat bulan dan sudah sembuh.

"Kasus pertama kemarin kan bayi dan sudah sembuh. Sehingga jumlah pasien positif Covid-19 menjadi dua, setelah pasien pria dewasa usianya sekitar 30 tahun masuk pada Kamis, 9 April, sekitar 13.00 WIB," katanya.

Sunu menjelaskan, sebelum dibawa ke RSUD Wates pasien Covid-19 dia menjalani isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil pemeriksaan. Namun belum sampai sepekan menjalani isolasi mandiri hasil pemeriksaan keluar dan menunjukkan pasien tersebut terjangkit Covid-19.

Sunu mengatakan, meski dinyatakan positif Covid-19 pasien tersebut tidak menunjukkan gejala sakit seperti batuk atau sesak napas.

"Pasien dalam kondisi sehat tanpa gejala, bahkan tadi bisa jalan sendiri, tidak perlu pakai kursi roda seperti pasien lain. Dia juga tidak ada keluhan batuk maupun sesak nafas," katanya.

Dia menambahkan, pasien tersebut menjalani perawatan sesuai prosedur penanganan pasien Covid-19.

"Selama proses perawatan ini, pasien akan dilakukan tes swab sebanyak dua kali, semoga hasilnya negatif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : iNews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement