Akper "YKY" Yogyakarta Sudah 25 Tahun Mencetak Perawat Kompeten dan Berdaya Saing

Mahasiswa Akademi Keperawatan "YKY" Yogyakarta menjadi juara lomba. - Ist/ dok Akademi Keperawatan "YKY" Yogyakarta
13 April 2020 22:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Akademi Keperawatan “YKY” Yogyakarta yang lahir pada tanggal 11 April 1995 berada dibawah naungan Yayasan Keperawatan Yogyakarta dan memiliki satu program studi (Prodi) yaitu program studi Diploma III Keperawatan.

Program studi ini memiliki visi ”Menjadi Program Studi Diploma III Keperawatan yang mengembangkan ilmu dan praktik keperawatan, dengan unggulan keperawatan keluarga, guna menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang berkarakter, unggul dan berdasarkan IPTEK pada tahun 2038” dan keunggulan Program Studi berupa keperawatan keluarga.

Dengan ditetapkannya Keperawatan Keluarga sebagai unggulan program studi maka dalam setiap kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan mengandung unsur-unsur keperawatan keluarga tersebut, sehingga akan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang baik dan mahir dalam melakukan proses keperawatan terutama keperawatan keluarga.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa keluarga adalah suatu kelompok kecil yang memiliki peran penting dalam keperawatan yang menentukan arah suatu individu sehingga dapat berperilaku hidup bersih, sehat dan berkualitas.

Selama 25 tahun, Prodi DIII Keperawatan Akademi Keperawatan “YKY” Yogyakarta dalam melaksanakan pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran Student Center Learning (SCL) yang mengedepankan pembelajaran dewasa (Adult Learning) dan berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) serta mengacu pada KKNI Level ke-5.

Dalam rangka mengikuti perkembangan IPTEK dan menjaga performance sebuah institusi pendidikan yang telah terakreditasi B, Prodi ini telah menerapkan system pembelajaran daring (dalam jaringan) yang terjadwal dan terpantau dengan jelas dengan mengikuti ketentuan-ketentuan pada proses pelaksanaannya.

Untuk mengevaluasi Skill/ketrampilan mahasiswa, Prodi D3 Akper “YKY” Yogyakarta menyelenggarakan uji skills lab terpadu disetiap semesternya sesuai dengan capaian pembelajaran yang harus dicapai sebagai perawat vokasi.

Untuk menambah kemampuan berbahasa asing dengan baik, Prodi D3 Keperawatan Akper “YKY” Yogyakarta menambahkan muatan lokal berupa Bahasa Inggris di semester 1,2 dan 3 dan Bahasa Jepang di semester 4, 5 dan 6.

Untuk membentuk perawat yang berkarakter, Akper “YKY” Yogyakarta mengadakan beberapa kegiatan diantaranya; pembinaan soft skills setiap tahun, pengarahan direksi disetiap awal semester, pembekalan profesi disetiap semester sebelum masuk praktik klinik, kegiatan Outbond dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Selain itu,

Dalam mendukung pembelaaran, Akper “YKY” Yogyakarta memiliki fasilitas Teknologi Informasi sebagai penunjang kegiatan akademik dan operasional. Dengan di support jaringan fiber optic dengan bandwith 10 Mbps Unlimited dan memiliki fasilitas lainnya di bidang teknologi informasi yang meliputi lab komputer, sistem informasi terintegrasi dan server sistem informasi.

Lulusan Akper “YKY” Yogyakarta dibekali dengan pelatihan-pelatihan yang menambah keahliannya yaitu Pelatihan Penanganan Penderita Gawat Darurat (PPGD) dan Perawatan Luka Modern. Prodi D3 Keperawatan Akper “YKY” Yogyakarta memiliki tingkat kelulusan Uji Kompetensi Nasional untuk First Teaker diatas 90 % yaitu pada tahun 2017 Akper “YKY” Yogyakarta lulusannya Lulus Uji Kompetensi Nasional 100%, di tahun 2018 Lulus Uji Kompetensi sebesar 99% dan di tahun 2019 Lulus uji kompetensi nasional sebesar 97% .

Berbagai prestasi telah diraih oleh mahasiswa Akper “YKY” Yogyakarta baik di bidang akademik maupun non-akademik. Di antaranya adalah juara I lomba karnaval dalam rangka International Nurses’ Day (IND) tahun 2018, juara II lomba Vidio Pendek dan Juara III lomba Karnaval Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019, juara II lomba Vidio Kreatif Nasional KOPMA UNJ tahun 2019.

Akper “YKY” Yogyakarta telah membuka praktik mandiri keperawatan “Griya Sehat”. Griya Sehat dibuka sebagai upaya untuk mengaplikasikan ilmu dan potensi-potensi yang dimiliki oleh para dosen dan perawat Akper “YKY” Yogyakarta di masyarakat serta merupakan bentuk pengembangan usaha pelayanan kesehatan dari Akper “YKY” Yogyakarta.

Dengan adanya Griya Sehat Akper “YKY” Yogyakarta merupakan wujud implementasi dan aktualisasi dari ilmu pengetahuan keperawatan yang dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat DIY pada umunya dengan profesionalitas dan pelayanan yang bermutu dengan mengutamakan keselamatan pasien.

Griya Sehat melayani berbagai bentuk pelayanan ke masyarakat diantaranya adalah perawatan luka, konsultasi kesehatan, SPA bayi, pijat bayi, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol dan pelayanan home care. Griya Sehat yang beralamat di Jl. Patangpuluhan Ruko No. 8, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Akper YKY Yogyakarta menyelenggarakan program kerjasama didasarkan pada Rencana Strategis dan Statuta Perguruan Tinggi. Kerjasama Bidang Akademik Akper YKY Yogyakarta dijalin antara lain dengan RSUP. DR. Sardjito, Rumah Sakit Umum Daerah di Daerah IstImewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, Rumah Sakit Swasta, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Pemerintah Desa dan Perguruan Tinggi atau lembaga lain di dalam dan luar negeri. Akper YKY Yogyakarta juga menyelenggarakan kerjasama dengan beberapa stakeholder yang siap menerima lulusan untuk bekerja.

Seluruh Dosen Akper YKY Yogyakarta melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahun sebagai wujud dari pelaksanaan tri dharma. Kegiatan penelitian dan pengabdian masrakat juga melibatkan mahasiswa.

Pada masa darurat Covid-19 ini, Akper “YKY” Yogyakarta melaksanakan Pengabdian Masyarakat berupa pembagian masker kain bagi warga masyakarat sekaligus memperingati Dies Natalis ke-25 tahun dengan mensuport dan membantu pemerintah untuk menggaungkan pemutusan mata rantai Covid-19 dengan melaksankaan pengabdian masyarakat untuk pembagian masker kain, bantuan logistik bagi warga sekitar kampus, edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa melalui media sosial dengan tetap mengikuti peraturan untuk menjalankan social distancing dan Physical Distancing.

Dosen Akper YKY Yogyakarta mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal nasional bereputasi maupun seminar nasional. Dosen Akper YKY Yogyakarta memiliki produk hasil penelitian yang di berikan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) berupa video latihan senam otak bagi lansia demensia, film latihan fisik penyandang DM dan odul pengembangan kompetensi perawat klinik. Selain itu untuk pengembangan ilmu dan teknologi dosen Akper YKY juga menulis beberapa buku referensi. HaKI juga diperoleh dari 19 modul dan buku yang telah ditulis oleh dosen-dosen Akper YKY Yogyakarta.


Guna memfasilitasi dosen dalam mempublikasikan hasil penelitian, Akper YKY telah memiliki jurnal keperawatan yang terbit setiap bulan Januari dan Juli. Akper YKY juga memiliki langganan jurnal online yang dapat diakses yaitu http://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky Sehingga memudahkan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengakses hasil penelitian terkini.