Dispar Data Pelaku Wisata Terdampak Corona

Gua Pindul, Gunungkidul. - JIBI
16 April 2020 23:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul segera mendata para pelaku wisata yang terdampak pandemi Corona di Gunungkidul. Nantinya, mereka diarahkan untuk mendapatkan kartu prakerja atau pelatihan sesuai kapasitas yang dimiliki. "Anggota kelompok sadar wisata [pokdarwis] wisata yang terdampak secara ekonomi sebanyak 3.635 orang," kata Sekretaris Dispar Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono, Kamis (16/4/2020).

Ia menilai melalui kartu prakerja, para pelaku wisata yang terdampak bisa mencari pekerjaan sementara waktu sebagai alternatif penghasilan di tengah pandemi Corona yang tak kunjung reda.

Hary meminta agar semua pihak bisa bersabar melewati pandemi Corona yang hampir sebulan membuat seluruh objek wisata di mana para pelaku wisata menggantungkan kebidupannya berhenti beroperasi.

"Kami mencoba mengarahkan para pelaku wisata untuk mencari peluang usaha baru di tengah pandemi ini," katanya. Selain 3.635 jiwa yang terdampak, Dispar mencatat sebanyak 42 objek wisata di Bumi Handayani ditutup sementara sejak 24 Maret lalu.