Advertisement

Kelurahan Purbayan Jadi Kampung Tangguh Covid-19

Sunartono
Senin, 20 April 2020 - 11:47 WIB
Nina Atmasari
Kelurahan Purbayan Jadi Kampung Tangguh Covid-19 Warga mencuci tangan Purbayan, Kotagede, Kota Jogja. - Ist/Dok warga Purbayan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Jogja membentuk kampung tanggung Covid-19. Pembentukan kampung ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam memutus penyebaran Covid-19.

Lurah Purbayan, Kotagede, Kota Jogja Ari Suryani menjelaskan pembentukan kampung tangguh Covid-19 itu dilakukan di Kampung Alun-Alun Purbayan. Pembentukan dengan didampingi oleh BPBD Kota Jogja dan BPBD DIY. Kampung sepenuhnya menggunakan protokol Covid-19 dalam aktivitas keseharian masyarakat.

Advertisement

"Ada sejumlah fasilitas seperti tempat cuci tangan yang bisa dipakai warga," katanya Minggu (19/4/2020).

Selain itu kata dia, pemantauan penduduk usai bepergiab dari luar kota maupun pemudik juga dilakukan melalui koordinasi dengan kelurahan. Apalagi kampung tersebut banyak perajin perak di mana tenaga dari luar Kota Jogja tergolong banyak sehingga terus lebih diperketat dalam rangka mencegah penyebaran.

"Telah diterapkan sosial distancing dalam melaksanakan pekerjaannya. Isolasi mandiri 14 hari bagi pendatang maupun warga dari luar kota daerah pendemi telah dilakukan dengan pengawasan RT, RW, Lurah, Puskesmas, Babinkamtibmas dan Babinsa" ujarnya.

Ketua RT 37 Kelurahan Purbayan, Kota Jogja Agus Susanto menambahkan semua warga yang masuk rumah di kampung ini harus cuci tangan terlebih dahulu. Terutama bagi warga jika dari bepergian atau dari luar rumah. Selain itu penyemprotan disinfektan dilaksanakan sepekan dua kali, dan pembersihan dimasing-masing rumah warga dilakukan setiap pagi dan sore hari.

"Seluruh warga mendukung karena ingin pandemi ini segera berakhir. Karena dampaknya telah dirasakan warga, melemahkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement