Ini Riwayat Penularan Covid-19 Tiga Dokter dan Satu Perawat RSUP Sardjito

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
20 April 2020 18:57 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Empat tenaga medis di RSUP Dr Sardjito dikabarkan positif terinfeksi virus Corona. Namun otoritas terkait memastikan penularan terjadi bukan di Jogja.

RSUP Dr. Sardjito membenarkan ada empat tenaga medisnya yang saat ini positif terinfeksi Covid-19. Mereka adalah tiga dokter dan satu perawat.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan menyebut keempatnya tertular saat berada di DKI Jakarta, bukan ketika merawat pasien di rumah sakit tersebut. Saat ini mereka masih menjalani perawatan di ruang isolasi.

"Belum ada paparan lokal di RSUP Dr. Sardjito," kata Banu kepada awak media pada Senin (20/4/2020). Meski begitu, sampai saat ini ia belum dapat dimintai keterangan lanjutan mengenai kapan keempat tenaga medis ini dinyatakan positif Covid-19 dan penomoran kasusnya.

Salah satu tenaga medis yang merupakan dokter residen menurutnya sudah beberapa kali dicek ulang spesimennya namun belum kunjung menunjukkan hasil negatif. "Satu residen kita swab lebih dari tiga kali masih positif, tapi secara klinis kondisinya membaik, tidak ada keluhan pemberat," katanya.

Banu menegaskan otoritas rumah sakit menjaga ketat akses masuk ke rumah sakit untuk pasien maupun pengantar untuk senantiasa menggunakan masker. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menghambat laju penularan lokal virus corona di DIY.

Penggunaan masker ia sebut sebagai kewajiban seluruh pihak ketika masuk rumah sakit. Pihaknya juga memperketat skrining dengan melakukan cek suhu tubuh dan pemberian masker kepada pasien atau pengantar yang tidak mengenakan masker.

"Tolong betul-betul dipatuhi karena saat ini kita belum sampai pada puncak Covid-19, sehingga ke manapun harus pakai masker," tegasnya.

Hingga saat ini, RSUP Dr. Sardjito masih merawat 19 pasien dengan 5 di antaranya sudah dinyatakan positif Covid-19.