Advertisement

Keluarga ABK Positif Kulonprogo Dinyatakan Negatif

Catur Dwi Janati
Rabu, 22 April 2020 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Keluarga ABK Positif Kulonprogo Dinyatakan Negatif Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Satu pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kulonprogo yang merupakan seorang anak buah kapal (ABK) dirawat sejak Kamis (9/4/2020). Dinas Kesehatan Kulonprogo bergerak cepat melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang sempat kontak dengan pasien positif tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami mengatakan seluruh keluarga ABK positif Kulonprogo tersebut dinyatakan negatif. Sebanyak kurang lebih empat orang keluarga pasien yang terdiri bapak, ibu, istri dan satu anak dinyatakan negatif melalui hasil rapid test.

Advertisement

"Rapid test dilakukan pada hari ketiga dan hari ketigabelas saat anggota keluarga [pasien positif] menjalankan karantina mandiri," ujar Budi dihubungi pada Selasa (21/4/2020).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayujati menjelaskan pemeriksaan terhadap keluarga pasien positif sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Orang yang kontak keluarga dites dua kali dengan rapid test. "Anggota keluarga yang kontak langsung dengan pasien positif dinyatakan negatif dan telah selesai menjalani masa karantina mandiri 14 hari," ujarnya.

Juru bicara RSUD Wates untuk penanganan Covid-19, Albertus Sunuwata Triprasetya mengatakan awalnya ABK berusia sekitar 30 tahun yang bekerja di Amerika pulang ke Kulonprogo akhir maret. Begitu pulang ABK tersebut segera menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Kulonprogo. Pada pemeriksaan tersebut ABK sekaligus diambil sampel untuk tes Swab.

"Sembari menunggu hasil tes swab keluar, pasien ini kata Sunu sudah diminta menjalani isolasi mandiri di rumah hingga hasil keluar dan ABK tersebut dinyatakan positif," jelasnya.

Setelah positif pasien langsung diisolasi di RSUD Wates hingga kini masih menunggu hasil tes terbaru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement