3 Warga Wonosari yang Positif Terinfeksi Corona Ternyata Bertetangga

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
23 April 2020 16:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Pemkab Gunungkidul menyatakan tiga warga di Kecamatan Wonosari yang positif Covid-19 tinggal bertetangga.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, upaya penelusuran terkait siapa yang kontak dengan tiga pasien positif Covid-19, terus dilakukan. Hanya saja, ia belum bisa memberikan rincian karena proses masih berlangsung. “Tracing masih berjalan dan hingga sekarang belum ada perkembangan berarti,” katanya, Kamis (23/4/2020).

Dia menjelaskan, untuk tiga pasien yang positif berasal dari satu lingkungan karena saling bertetangga. Hingga saat ini, ketiga pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari. “Terus dipantau. Untuk masyarakat tidak perlu panik karena terpenting tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditentukan seperti menggunakan masker, jaga jarak hingga cuci tangan dengan sabun,” katanya.

Lantaran adanya tiga pasien positif Covid-19 tersebut, sebanyak 30 warga terpaksa harus isolasi mandiri.

“Mereka melakukan isolasi mandiri. Sedangkan untuk kebutuhan makanan, kami pasok,” kata Kepala Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Tumija kepada Harianjogja.com, Kamis (23/4/2020).

Menurut dia, untuk kebutuhan logistik, pemdes memiliki alokasi dana sosial sebesar Rp30 juta. Selain itu, ada juga bantuan dari masyarakat untuk membantu dalam upaya menyukseskan karantina mandiri tersebut. “Terus dibantu dan untuk logistiki yang disalurkan nominalnya sudah mencapai lebih dari Rp10 juta,” ungkapnya.