Inisiatif Terapkan Protokol Kesehatan, Cafe & Kelompok Masyarakat dapat Apresiasi

Kapolres Kulonprogo, AKBP Tartono (kanan) menyerahkan piagam penghargaan kepada pengurus posko panganan COVID-19 Dusun Setan, Kalurahan Wijimulyo, Nanggulan, Sabtu (25/4/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
26 April 2020 11:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Polres Kulonprogo mengapresiasi cafe dan kelompok masyarakat yang telah berinisiatif menerapkan protokol kesehatan dan maklumat polri terkait penanganan Covid-19. Apresiasi itu berwujud piagam penghargaan, Alat Pelindung Diri (APD) sederhana dan paket sembako.

Apresiasi untuk cafe diberikan kepada kedai Ampirono, yang berlokasi di Dusun Tileng, Kalurahan Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo. Warung makan yang menyediakan aneka kuliner tradisional ini dinilai telah menerapkan protokol kesehatan dan maklumat Polri, di antaranya rutin melakukan penyemprotan disinfektan, mengatur jarak duduk dan mewajibkan tamu cuci tangan. Hal itu telah dilaksanakan sejak 16 Maret lalu.

"Sebelumnya kami sempat tutup, tapi setelah berkonsultasi dengan pihak kapanewon dan polsek, kita diperbolehkan untuk buka tapi sesuai protokol kesehatan dan maklumat kapolri. Yang kurang lengkapi hari ini juga kami lengkapi," ujar pemilik Kedai Ampirono, Sharif usai menerima apresiasi, Sabtu (25/4/2020).

Sementara apresiasi untuk kelompok masyarakat diberikan kepada warga Dusun Setan, Kalurahan Wijimulyo, Nanggulan; Dusun Dlaban, Kalurahan Sentolo, Kapanewon Sentolo; Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah; Panjatan dan Dusun Kuncen, Kalurahan Bendungan, Kapanewon Wates.

Mereka dapat apresiasi karena telah berinisiatif membentuk satgas penanganan Covid-19, penyiapan posko satgas serta penyediaan rumah karantina. Bahkan untuk Dusun Setan, warganya telah memutuskan untuk tidak menjual hasil panen guna keperluan logistik, jika pandemi ini berlangsung lama.

"Kami bersama warga yang mayoritas bekerja sebagai petani juga sepakat tidak menjual hasil panen padi. Untuk jaga-jaga biar gak paceklik pangan," kata Koordinator posko gugus tugas penanganan Covid-19 Dusun Setan, Setyo Catur.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Tartono mengatakan para penerima apresiasi ini menjadi contoh baik untuk ditiru masyarakat yang secara inisiatif dan mandiri turut serta dalam upaya penanggulangan corona. Diharapkan hal serupa bisa dilaksanakan seluruh warga masyarakat Kulonprogo.