Lagi Warga Sleman Positif, Kasus Covid-19 di DIY Naik Jadi 83

Foto ilustrasi. - Reuters
27 April 2020 17:02 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—DIY kembali menambah satu kasus pasien positif Covid-19 dan satu pasien dinyatakan sembuh per Senin (27/4/2020). Dengan demikian total kasus Covid-19 di DIY tercatat 83 kasus dan angka kesembuhan mencapai 37 kasus.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menjelaskan berdasarkan laporan dari rumah sakit rujukan ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak satu kasus positif. Sehingga jumlah kasus positif Covid-19 di DIY per Senin (27/4/2020) sebanyak 83 kasus. Dari jumlah positif tersebut sebanyak tujuh pasien di antaranya meninggal dunia.

“Penambahan satu kasus ini tercatat dengan kode Kasus 85, [identitas] perempuan, usia 55 tahun, Warga Sleman,” katanya Senin (27/4/2020).

Ia menambahkan, DIY juga menambahkan angka kesembuhan sebanyak satu kasus. Sehingga total kesembuhan di DIY saat ini mencapai 37 pasien sembuh. “Kasus terkonfirmasi positif dan dinyatakan sembuh pada hari ini ada satu kasus. Yaitu [pasien] Kasus 23, laki laki, usia 35 tahun warga Sleman,” ujarnya.

Ia mengatakan bagi yang sembuh dan diperbolehkan pulang setelah sembuh tetap diberikan edukasi agar menjalani isolasi mandiri dan melakukan pemantauan kesehatan secara mandiri. Pasien sembuh juga diminta melaporkan ke RS apabila ada keluhan sakit.

Berty menambahkan untuk laporan PDP meninggal dunia yang dalam proses laboratorium ada satu pasien. Yaitu pasien jenis kelamin perempuan usia 78 tahun warga Kota Jogja. Tidak ada riwayat khusus PDP yang meninggal ini, hanya diberikan catatan bahwa pernah kontak dengan PDP. Sehingga total PDP yang meninggal dunia dalam proses menunggu hasil laboratorium bertambah menjadi tujuh pasien.

“Tidak, dari laporan RS disampaikan bahwa pasien pernah kontak dengan PDP. Kemudian PDP yang meninggal ini dalam proses menunggu laboratorium dan tidak ada laporan riwayat penyakit,” katanya.

Adapun jumlah PDP total seluruh DIY sebanyak 798 orang, sebanyak 120 di antaranya menjalani perawatan, 604 di antaranya dinyatakan negatif dan 111 masih proses menunggu hasil laboratorium. Total orang dalam pengawasan (ODP) per Senin (27/4) sebanyak 4.519 orang.