Bersinggungan dengan Pasien Positif Corona, 53 Tenaga Medis RSUP Dr. Sardjito Negatif Covid-19

Ilustrasi - Freepik
30 April 2020 21:27 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—53 Anggota tim medis RSUP Dr. Sardjito yang menjalani tes swab akhirnya dinyatakan negatif Covid-19. Mereka dites swab lantaran sempat bersinggungan dengan salah satu pasien Covid-19 yang keluarganya tidak terbuka menyampaikan riwayat kontak.

Pada Kamis (30/4/2020) siang, Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan menyampaikan kabar 41 tenaga medis dinyatakan negatif Covid-19. Sementara, 12 tenaga medis sisanya masih menunggu hasil.

Kamis malam, Banu menyampaikan perkembangan terbaru. Seluruh tenaga medis yang menjalani tes swab itu tidak terbukti terinfeksi Covid-19.

“Malam ini jam 19.00 WIB hasil 12 petugas lainnya menyusul negatif semua, sehingga tidak ada nakes [tenaga kesehatan] yang terinfeksi Covid-19,” kata Banu.

Bersamaan dengan kabar ini, Banu menekankan tenaga medis di RSUP Dr. Sardjito selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai standar serta senantiasa mematuhi protokol penanganan pasien dengan tepat.

Sebelumnya, 53 tenaga medis ini harus menjalani tes swab lantaran kontak dengan salah satu pasien positif Corpna. Banu menjelaskan mulanya ada pasien perempuan yang dirawat inap dengan keluhan penyakit bawaan non-Covid. Sejak awal, pasien itu dites cepat dan hasilnya negatif. Ia pun menjalani perawatan di ruang non-isolasi dan ditunggui suaminya.

Beberapa hari kemudian, sang suami tidak lagi menunggui istrinya dan digantikan oleh anaknya. Perawat RSUP Dr. Sardjito kemudian menanyakan keberadaan suami pasien kepada sang anak dan mengetahui bahwa suami si pasiendirawat di salah satu rumah sakit di Sleman dengan hasil tes cepat dan swab positif Covid-19.

Pasien perempuan itu kemudian dites swab dan hasilnya positif. Otoritas rumah sakit kemudian mendata tenaga medis yang berkontak dengan pasien untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.