Advertisement

Bersinggungan dengan Pasien Positif Corona, 53 Tenaga Medis RSUP Dr. Sardjito Negatif Covid-19

Lajeng Padmaratri
Kamis, 30 April 2020 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Bersinggungan dengan Pasien Positif Corona, 53 Tenaga Medis RSUP Dr. Sardjito Negatif Covid-19 Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—53 Anggota tim medis RSUP Dr. Sardjito yang menjalani tes swab akhirnya dinyatakan negatif Covid-19. Mereka dites swab lantaran sempat bersinggungan dengan salah satu pasien Covid-19 yang keluarganya tidak terbuka menyampaikan riwayat kontak.

Pada Kamis (30/4/2020) siang, Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan menyampaikan kabar 41 tenaga medis dinyatakan negatif Covid-19. Sementara, 12 tenaga medis sisanya masih menunggu hasil.

Advertisement

Kamis malam, Banu menyampaikan perkembangan terbaru. Seluruh tenaga medis yang menjalani tes swab itu tidak terbukti terinfeksi Covid-19.

“Malam ini jam 19.00 WIB hasil 12 petugas lainnya menyusul negatif semua, sehingga tidak ada nakes [tenaga kesehatan] yang terinfeksi Covid-19,” kata Banu.

Bersamaan dengan kabar ini, Banu menekankan tenaga medis di RSUP Dr. Sardjito selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai standar serta senantiasa mematuhi protokol penanganan pasien dengan tepat.

Sebelumnya, 53 tenaga medis ini harus menjalani tes swab lantaran kontak dengan salah satu pasien positif Corpna. Banu menjelaskan mulanya ada pasien perempuan yang dirawat inap dengan keluhan penyakit bawaan non-Covid. Sejak awal, pasien itu dites cepat dan hasilnya negatif. Ia pun menjalani perawatan di ruang non-isolasi dan ditunggui suaminya.

Beberapa hari kemudian, sang suami tidak lagi menunggui istrinya dan digantikan oleh anaknya. Perawat RSUP Dr. Sardjito kemudian menanyakan keberadaan suami pasien kepada sang anak dan mengetahui bahwa suami si pasiendirawat di salah satu rumah sakit di Sleman dengan hasil tes cepat dan swab positif Covid-19.

Pasien perempuan itu kemudian dites swab dan hasilnya positif. Otoritas rumah sakit kemudian mendata tenaga medis yang berkontak dengan pasien untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement