Kontak dengan 3 warga Positif Corona dari Jemaah Tabligh, 53 Warga Banguntapan Terpaksa Isolasi

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
01 Mei 2020 20:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Pemerintah Kecamatan Banguntapan memastikan akan kembali menggelar rapid test terhadap 53 warga Sampangan, Baturetno, Banguntapan yang kini menjalani isolasi mandiri sejak Rabu (29/4/2020).

Kelima puluh warga sampangan itu dinyatakan negatif pada rapid test pertama yang digelar di Puskesmas Banguntapan, Rabu (29/4/2020) pagi.

Kendati dinyatakan negatif, warga harus menjalani isolasi mandiri karena sempat interaksi dengan tiga warga Banguntapan, yang dinyatakan positif Covid-19 dan masuk dalam klaster jemaah tablig akbar di Jakarta, Selasa (28/4/2020). Tiga warga tersebut diketahui merupakan satu keluarga.

“Sepuluh hari lagi mereka akan menjalani tes kedua. Dari hasil tes pertama, 53 warga negatif. Meski demikian, mereka kami minta isolasi mandiri,” kata Camat Banguntapan, Fauzan Maarif, Jumat (1/5/2020).

Sebelum menjalani isolasi mandiri, Fauzan menyatakan telah meminta kepada warga untuk tidak panik. Selain itu, pemerintah desa setempat juga siap memenuhi kebutuhan warga yang menjalani isolasi mandiri selama dua pekan tersebut.

“Terbaru, mereka juga mau bikin dapur umum. Untuk isolasi mandiri dilakukan di rumah masing-masing,” ungkap Fauzan.