Berstatus PDP Covid-19, Ibu Asal Kasihan Bantul Meninggal Dunia Seusai Melahirkan

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
04 Mei 2020 16:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Seorang perempuan yang baru saja melahirkan meninggal dunia di saat berstatus PDP Covid-19.

Pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (COVID-19) berusia 36 tahun dinyatakan meninggal dunia seusai melahirkan pada Senin (4/5/2020) dini hari.

Pasien berasal dari Kecamatan Kasihan tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul.

Kabag Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih membenarkan informasi tersebut.

Siti mengatakan, pasien tersebut sudah lebih dari satu pekan menjalani perawatan di ruang isolasi karena mengalami gejala yang mengarah pada COVID-19. Pasien yang sedang hamil itu melahirkan pada Rabu (29/4/2020) malam lalu.

“Meninggalnya di ruang isolasi bertekanan negatif,” kata Siti, kepada Harian jogja, Senin (4/5/2020).

Siti menambahkan, saat ini jenazah pasien sudah dimakamkan dengan standar pemakaman pasien COVID-19. Sementara, bayi yang baru saja dilahirkannya masih dalam perawatan.

“Saat ini bayinya berstatus PDP dan dirawat di ruang PICU (ruang gawat darurat khusus anak),” kata Siti.

Lebih lanjut, Siti mengatakan, pasien PDP tersebut memiliki riwayat bepergian dari luar daerah DIY. Selain memiliki ciri gejala COVID-19, PDP tersebut juga diketahui sudah memiliki penyakit (komorbid). Meski begitu, Siti enggan menyebutkan komorbid pasien tersebut.

“Yang pasti banyak,” ujar Siti.

Dengan adanya peristiwa ini, maka total ada delapan pasien PDP yang masih dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul hingga Senin (4/5/2020) dan tiga pasien yang telah dinyatakan positif COVID-19.

Di wilayah Kabupaten Bantul, terdapat 30 orang yang telah dinyatakan positif COVID-19. Dari jumlah tersebut sebanyak 11 orang sembuh dan dua lainnya meninggal dunia.

Sisanya, 17 pasien positif masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19, yakni tiga orang di RSUD Panembahan Senopati, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAU) Hardjolukito merawat dua orang, RS Bethesda Jogja merawat satu orang, Jogja International Hospital (JIH), Sleman merawat satu orang dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19, Bantul sebanyak 10 orang.