Advertisement

Pasien Positif Corona Anyar Warga Kulonprogo Berasal dari Klaster Jemaah Tablig

Catur Dwi Janati
Jum'at, 08 Mei 2020 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Pasien Positif Corona Anyar Warga Kulonprogo Berasal dari Klaster Jemaah Tablig Ilustrasi virus Corona. - REUTERS/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dua hari berturut-turut kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kulonprogo meningkat. Saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kulonprogo mencapai tujuh orang.

Penambahan kasus positif Covid-19 kembali terjadi pada Jumat (8/5/2020). Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kulonprogo Baning Rahayujati menyampaikan penambahan kasus tersebut satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif setelah menjalani tes swab.

Advertisement

Kasus positif Kulonprogo ke-7 (KP-7) merupakan pria berusia 49 tahun asal Kapanewon Sentolo. Baning menjelaskan pasien KP-7 adalah salah satu peserta Jemaah Tablig Jakarta pada pertengahan Maret 2020. "Dia (pasien KP-7) bersama dua rekan lainnya dari Kulonprogo dan keluarganya telah menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT) pertama dengan hasil non-reaktif," jelas Baning.

Baning menuturkan tracing (penyelidikan epidemiologi) masih dilanjutkan kepada satu anggota yang masih berada di pondok dan dari hasil RDT dinyatakan reaktif. "Rencananya orang tersebut juga akan dirujuk ke RSUD Wates untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelas Baning.

Tracing juga dilakukan kepada keluarga dan orang kontak erat kasus positif KP-6. Sementara itu Baning tracing juga ditelusuri kepada masyarakat yang sempat mengunjungi supermarket IG untuk dilakukan skrining terhadap risiko tertular. Baning mengimbau untuk yang orang berisiko tinggi untuk melakukan rapid test di Dinkes Sleman. Sementara itu untuk orang yang melakukan kontak dengan orang yang sempat pergi ke IG diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah, baik yang sudah tes maupun yang belum tes.

Sementara itu kabar baik hadir juga hari ini, di mana dua pasien positif telah menunjukkan hasil swab negatif. Hasil negatif swab tersebut didapati pada keluarga positif KP-4 asal Kapanewon Sentolo dan pasien PDP asal Kapanewon Kokap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement