Advertisement

Ribuan Beringin Akan Ditanam di Lereng Merapi

Sunartono
Minggu, 10 Mei 2020 - 22:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ribuan Beringin Akan Ditanam di Lereng Merapi Serah terima pohon beringin untuk ditanam di Kawasan Lereng Merapi, Sabtu (9/5/2020). - Ist/Golkar DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Yayasan Gandung Pardiman Center (GPC) Yogyakarta bersama Golkar DIY menyerahkan 100 pohon beringin untuk ditanam di kawasan lereng Merapi. Bantuan pohon itu diberikan kepada Pemerintah Desa Pakembinangun Pakem, Sleman, Sabtu (9/5/2020). Komunitas Lereng Merapi berencana menanam ribuan pohon Beringin untuk menjaga kuantitas dan kualitas mata air.

Ketua Yayasan GPC Yogyakarta Syarif Guska mengatakan pemilihan pohon beringin untuk ditanam di lereng Merapi karena pohon ini memiliki kualitas mampu menangkap air menjadi sumber mata air di tanah. Melalui penanaman pohon itu harapannya kondisi sumber mata air di lereng Merapi tetap terjaga. Pihaknya berkomitmen memberikan dukungan dalam upaya penghijauan kawasan lereng Merapi demi menjaga kelestarian alam.

Advertisement

"Harapannya kawasan Lereng Merapi tetap hijau dan lestari serta air tanah di Sleman dan wilayahnya tetap terjaga kuantitas dan kualitasnya," kata Guska dalam rilisnya Minggu (10/5/2020).

Yayasan GPC dan Golkar DIY juga memberikan masker dan sabun bagi warga lereng Merapi dalam kaitan upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Relawan Komunitas Pagar Merapi Joko mengatakan pihaknya menyambut baik upaya GPC dalam membantu penghijauan. Menurutnya kawasan lereng Merapi masih butuh banyak pohon untuk ditanam.

Pohon beringin yang sudah ditanam akan diokumentasikan dan selalu dilaporkan perkembangannya serta dievaluasi. Ia sepakat beringin memiliki nilai yang sangat baik sebagai penyimpan air dan akan menjadi warisan berharga bagi masyarakat ke depannya. Karena bermanfaat menjaga debit air di sejumlag sumber mata air kawasan lereng Merapi.

"Kami bersama elemen masyarakat lereng Merapi berencana melakukan penghijauan dengan penanaman pohon beringin sejauh 27 kilometer dari Kali Kuning hingga Kali Boyong. Pohon beringin itu rencananya akan ditanam berjajar membentuk formasi huruf M yang berarti Merapi. Sehingga kami membutuhkan ribuan pohon beringin untuk program ini," katanya.


Foto : Serah terima pohon beringin untuk ditanam di Kawasan Lereng Merapi, Sabtu (9/5). /Ist-Golkar DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement