Advertisement

Anggaran Dialihkan untuk Covid-19, Penataan Kebun Plasma Nutfah Pisang Ditunda

Newswire
Senin, 11 Mei 2020 - 00:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anggaran Dialihkan untuk Covid-19, Penataan Kebun Plasma Nutfah Pisang Ditunda Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Lantaran anggaran dialihkan untuk mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 di Kota Jogja, Pemerintah Kota Jogja terpaksa menunda rencana penataan Kebun Plasma Nutfah Pisang. 

“Kegiatan harus ditunda karena memang anggarannya dibutuhkan untuk kepentingan lain, yaitu penanganan Covid-19,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sugeng Darmanto, Minggu (10/5/2020), dikutip dari Antara.

Advertisement

Pada tahun anggaran 2020, Dinas Pertanian dan Pangan Jogja mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk kebutuhan penataan yaitu menata bagian selatan kebun dan membuka akses bagi pengunjung dari sisi selatan. Selama ini, akses utama menuju kebun plasma berada di sisi utara dengan jalan yang cukup sempit.

Tambahan akses dari sisi selatan tersebut tidak hanya dilakukan dengan menempatkan pintu masuk, tetapi melakukan penataan tanaman pisang sesuai jenisnya karena bagian selatan kebun saat ini masih terbengkalai.

Realokasi anggaran penataan kebun pisang tersebut menjadi bagian dari total realokasi anggaran yang nilainya mencapai Rp5 miliar. “Kami mengelola anggaran Rp9,7 miliar tahun ini dan hampir separuhnya direalokasi untuk mendukung penanganan Covid-19. Kegiatan yang tetap dipertahankan adalah kegiatan yang sifatnya rutin saja,” katanya.

Saat ini, Kebun Plasma Nutfah Pisang difungsikan untuk pengembangan kultivar pisang sekaligus edukasi mengenai seluk beluk tanaman pisang kepada masyarakat.

Dari catatan awal, kebun tersebut memiliki koleksi sekitar 300 kultivar pisang, namun dimungkinkan jumlahnya berkurang karena adanya penamaan ganda untuk kultivar yang sama.

Kebun Plasma Nutfah Pisang juga dilengkapi fasilitas laboratorium untuk budidaya pisang melalui kultur jaringan. Salah satu varietas pisang yang sudah dihasilkan adalah Raja Bagus.

“Masyarakat bisa membeli bibit pisang di kebun ini. Harganya cukup murah bila dibanding harga di pasaran dengan kualitas yang terjamin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement