5 Rute Penerbangan Telah Beroperasi di YIA, Penumpang Wajib Bawa Dokumen Perjalanan

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok PT Angkasa Pura I (Persero)
12 Mei 2020 04:47 WIB Catur Dwi Janati Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Meski telah dibuka kembali sejak Kamis (7/5/2020), beberapa moda transportasi berlakukan beragam protokol kesehatan guna cegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Salah satu moda transportasi utama DIY, Yogyakarta International Airport (YIA) pun memperketat keamanan.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Yogyakarta International Airport, Agus Pandu Purnama telah mengoperasikan posko pemeriksaan Covid-19 yang diisi petugas gabungan yang terdiri oleh TNI, POLRI, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kulonprogo.

"Semua penumpang akan diperiksa kelengkapan dokumen sesuai kriteria melalui Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020," jelasnya pada Minggu (10/5/2020).

Agus mengatakan penumpang wajib menyiapkan berbagai dokumen agar bisa melakukan perjalanan. Salah satu dokumen tersebut yakni pesawat surat perintah dari atasan yang berwenang. "Surat perintah minimal dikeluarkan atasan dari pejabat eselon II," jelasnya.

Tidak hanya surat perintah, Agus menjelaskan calon penumpang wajib membawa surat keterangan tes terkait Covid-19. Surat tersebut berupa hasil non-reaktif melalui Rapid Diagnostic Test (RDT) dan surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes swab analisis Polymerase Chain Reaction (PCR).

Namun untuk mengantisipasi calon penumpang yang belum membawa atau memiliki dokumen keterangan non-reaktif RDT dan negatif tes swab, Pandu menjelaskan YIA telah bekerja sama dengan laboratorium swasta untuk menyiapkan rapid test di bandara.

"Bila belum memenuhi kriteria bebas dari Covid-19, YIA memfasilitasi pelaksanaan RDT yang hasilnya sudah bisa keluar 10-20 menit," jelasnya.

Pada Minggu (10/5/2020) setidaknya lima rute penerbangan telah beroperasi di YIA. Adapun beberapa penerbangan itu meliputi Soekarno Hatta - YIA melalui Batik Air yang membawa enam penumpang.

Selanjutnya pesawat tersebut akan bertolak kembali dari YIA ke Soekarno Hatta dengan mengangkut 32 penumpang. Sementara itu penebangan lainnya maskapai Citilink beroperasi dari Soekarno Hatta menuju YIA dan akan kembali melakukan penerbangan dari YIA dari Soekarno Hatta.

Dari laporan Agus, seluruh penumpang yang melakukan perjalanan pada Minggu (10/5/2020) telah memenuhi syarat. Menurutnya semua penumpang telah sesuai dengan membawa kelengkapan dokumen yang diminta.

"Maskapai telah memberi syarat kepada calon penumpang yang hendak membeli tiket untuk memenuhi beberapa dokumen terlebih dahulu," jelasnya.