Advertisement

Ada Penyemprotan Skala Besar, Tiga Pasar di Jogja Ini Bakal Ditutup Sehari

Lugas Subarkah
Kamis, 14 Mei 2020 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Ada Penyemprotan Skala Besar, Tiga Pasar di Jogja Ini Bakal Ditutup Sehari Petugas gabungan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Bantul, sedang menyemprotkan cairan disinfektan di Pasar Niten Bantul, Sabtu (21/3/2020) siang. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 di tempat umum, Pemerintah Kota Jogja mengintensifkan penyemprotan disinfektan di seluruh pasar di Kota Jogja. Penyemprotan skala besar akan dilakukan di Pasar Kotagede, Pasar Gedongkuning dan Pasar Demangan pada Jumat (15/5/2020).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono, menjelaskan tiga pasar tersebut dipilih untuk penyemprotan skala besar lantaran letaknya yang berada di perbatasan Kota Jogja. “Dalam penyemprotan ini, semua pedagang libur,” ujarnya, Rabu (13/5/2020).

Advertisement

Maka otomatis pada hari penyemprotan tersebut, ketiga pasar ini akan ditutup total. Penyemprotan akan dilakukan menyeluruh di setiap bagian pasar. Dalam penyemprotan ini pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja.

Ia mengungkapkan selama pandemi Covid-19 ini, sebenarnya semua pasar juga melakukan penyemprotan disinfektan rutin setiap hari. Namun penyemptrotan rutin itu hanya skala kecil, sehingga tidak perlu sampai meliburkan pedagang.

Di samping itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pasar, pihaknya juga telah memasang wastafel tambahan di 30 pasar di Kota Jogja yang di tempatkan di pintu masuk dan keluar pasar. “Untuk mengantisipasi antrean di wastafel, di setiap pintu setidaknya disediakan dua wastafel,” ungkapnya.

Melalui radio pasar yang ada di beberapa pasar pihaknya mensosialisasikan kepada pengunjung terkait protokol pencegahan penyebaran Covid-19, seperti wajib cuci tangan saat masuk dan keluar pasar, menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain.

Untuk menegakkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, pihaknya juga dibantu Satpol PP yang selalu patroli. Kepala Satpol PP Kota Jogja, Agus Winarto, mengungkapkan pihaknya rutin patrol setiap hari dalam kegiatan bertajuk Sapa Warga.

Patroli ini dilakukan dua kali sehari, yakni siang dan malam. Pada patroli siang, pihaknya mendatangi pasar-pasar di Kota Jogja. “Kami sosialisasikan kepada pengunjung maupun untuk tidak berkerumun dan selalu gunakan masker,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement