Advertisement

Kabar Baik, BLT Dana Desa di Sleman Mulai Disalurkan Sabtu

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 15 Mei 2020 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Kabar Baik, BLT Dana Desa di Sleman Mulai Disalurkan Sabtu Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk wilayah Sleman akan disalurkan mulai Sabtu (16/5/2020). Hal ini menyusul selesainya pendataan yang dilakukan desa dan proses cleansing yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Sleman.

Kepala Dinsos Sleman Eko Suhargono mengatakan proses cleansing data calon penerima BLT DD untuk sebagian besar desa sudah selesai. Dari 86 desa di Sleman, Dinsos sudah menyelesaikan cleansing data penerima BLT DD di 74 desa. Dari 74 desa ini, Dinsos menerima sebanyak 14.502 KK calon penerima BLT DD.

Advertisement

Namun berdasarkan cleansing yang dilakukan Dinsos, hanya 9.753 KK saja yang berhak menerima BLT DD. Total dana desa yang disalurkan untuk BLT DD di 74 desa ini sebesar Rp17,55 miliar.

Dinsos mencoret sebanyak 4.749 KK karena KK tersebut sudah menerima program bantuan lainnya. Seperti BSP regular, BPS tambahan/Covid Pusat dan PKH.

"Dari 74 desa yang sudah cleansing, BLT DD yang siap disalurkan sebanyak 21 desa. Ini dikarenakan dana desa pada termin pertama masih ada atau tidak digunakan," kata Eko saat ditemui di ruangannya, Kamis (14/5/2020).

Pemkab akan melaunching penyaluran BLT Dana Desa ini di wilayah Sleman pada Sabtu (16/5/2020) di Desa Lumbungrejo, Tempel. "Pencairan BLT DD tergantung masing-masing desa. Warga penerima akan mendapatkan Rp600.000 perbulan. Jika proses semuanya lancar, kami harapkan BLT DD ini bisa tersalurkan seluruhnya sebelum Lebaran," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement