Advertisement

Pedagang dan Pembeli di Pasar Hewan Pengasih Peroleh Masker Gratis

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 15 Mei 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pedagang dan Pembeli di Pasar Hewan Pengasih Peroleh Masker Gratis Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo DIY, Rahmat Sutopo (tengah) memberikan masker kepada salah satu pedagang di Pasar Hewan Terpadu Pengasih, Kapanewon Pengasih, Jumat (15/5/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemda DIY meluncurkan gerakan wajib pakai masker, Jumat (15/5/2020). Gerakan yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) itu diwujudkan dengan aksi bagi-bagi masker gratis di 60 titik di wilayah DIY.

Di Kulonprogo, pembagian masker yang dilakukan petugas dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY bersama jajaran Pemkab Kulonprogo, menyasar masyarakat yang beraktivitas di pasar tradisional dan fasilitas umum, salah satunya di Pasar Hewan Terpadu Pengasih.

Advertisement

Para pedagang dan pembeli di pasar yang beroperasi sejak akhir 2019 itu memperoleh masker nonmedis secara gratis. Petugas juga memasang banner bertuliskan Area Wajib Pakai Masker.

"Ini gerakan satu DIY. Secara simbolis dilakukan oleh Gubernur dan Wagub DIY di Kepatihan kemudian tim disebar ke seluruh wilayah DIY," ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo DIY, Rahmat Sutopo, di sela-sela pembagian masker di Pasar Hewan Terpadu Pengasih, Jumat pagi.

Rahmat mengatakan kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenakan masker selama pandemi Covid-19. Masyarakat menurutnya adalah garda terdepan dalam upaya memutus rantai penyebaran wabah tersebut, dan salah satu caranya dengan mengenakan masker.

"Tujuan utamanya membangun kesadaran masyarakat untuk memakai masker. Kami khawatir masyarakat selama ini agak cuek, enggak peduli, ada yang minta lockdown maupun PSBB, padahal konsekuensinya cukup besar, daripada pilih itu lebih baik tetap beraktivitas tetapi dengan saling menjaga diri menggunakan masker," ujarnya.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 berakhir, seluruh elemen masyarakat harus tetap mengenakan masker. Dengan mengenakan masker, maka bisa mengurangi risiko tertular virus Corona. "Saya bersyukur Pemda DIY ikut memantau langsung kegiatan hari ini," ucap Tedjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement