Advertisement

Penyaluran BST Terdampak Covid-19 di Kulonprogo Dievaluasi, Ini Hasilnya

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 15 Mei 2020 - 03:07 WIB
Nina Atmasari
Penyaluran BST Terdampak Covid-19 di Kulonprogo Dievaluasi, Ini Hasilnya Suasana penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kalurahan Jatisarono Nanggulan yang sangat rapi tanpa kerumunan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui PT. POS Indonesia untuk Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di Kulonprogo ditargetkan rampung sebelum lebaran atau pekan depan. Dalam merealisasikan target itu, tim pelaksana yang terdiri dari Kantor Pos Cabang Wates, pemerintah kalurahan, kapanewon hingga kabupaten perlu menegakkan protokol penanganan Covid-19.

Jangan sampai, penyaluran bantuan yang semrawut seperti yang terjadi di Gedung Kesenian Wates, pekan lalu, terulang kembali.

Advertisement

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo, Yohanes Irianta mengatakan teknis penyaluran BST di tujuh kapanewon, meliputi Kokap, Lendah, Galur, Panjatan, Pengasih, Sentolo dan Samigaluh dengan jumlah KPM sebanyak 11.874 KPM, harus menyesuaikan protokol penanganan Covid-19.

Dinsos, kata Irianta, sudah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan penyaluran BST di lima kapanewon sebelumnya, yakni Wates, Girimulyo, Kalibawang, Nanggulan dan Temon.

"Ada tiga indikator, yang menjadi acuan bahwa pelaksanaan disebut berhasil, yaitu proses penyaluran dilaksanakan sesuai protokol Covid-19, tidak ada kerumunan dan bantuan yang tersalurkan tepat sasaran," ujarnya, Kamis (14/5/2020).

Ketiga indikator itu lanjutnya, perlu diterapkan lagi di tujuh kapanewon sisa yang besok disasar sebagai lokasi penyaluran BST.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kulonprogo Jumanto, mengatakan penyaluran BST merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat kepada warga masyarakat yang terkena dampak pandemi Corona.

Diharap dalam penyalurannya tetap menggunakan protap Covid 19 yakni cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan semua orang yang datang wajib mengenakan masker. Tentunya PT.Pos Indonesia harus benar-benar memperhitungkan semuanya, agar tetap berjalan sesuai dengan protocol pencegahan Covid 19.

Melihat pelaksaan penyaluran sebelumnya, tentunya pada pelaksanaan berikutnya di tujuh Kapanewon dapat berjalan lebih baik lagi. “Oleh karena itu pada kesempatan ini dapat mempersiapkan segala sesuatunya, agar nanti pada pelaksanaannya benar-benar tertib, aman dan sesuai dengan aturan protocol Covid 19,” ujarnya.

Saperti diketahui penyaluran BST untuk KPM di Kulonprogo melalui Kantor Pos sudah berjalan sejak pekan kemarin. Dari total 20.158 KPM, 17.643 di antaranya disalurkan melalui layanan Pos Indonesia. Sisanya lewat transfer BRI, BNI dan BTPN.

Adapun penyaluran lewat Kantor Pos yang dilakukan dengan mendatangi tiap-tiap kalurahan sudah selesai di lima kapanewon, yaitu Wates, Girimulyo, Kalibawang, Nanggulan dan Temon. Sedangkan sisanya, yakni Kokap, Lendah, Galur, Panjatan, Pengasih, Sentolo dan Samigaluh dengan jumlah KPM sebanyak 11.874 KPM, akan disalurkan secara bergiliran pada Jumat (15/5/2020) sampai Kamis (21/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement