Advertisement

Jelang Lebaran, Stok Pangan di Bantul Aman

Jumali
Senin, 18 Mei 2020 - 22:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jelang Lebaran, Stok Pangan di Bantul Aman Ari Kusmiyati, salah satu karyawan toko sembako di Pasar Bantul sedang menata dagangannya, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sepekan menjelang Lebaran 2020, stok kebutuhan pokok di Bantul dipastikan aman. Kepastian ini disampaikan Kabid Peternakan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Joko Waluyo, di sela-sela pemantauan stok kebutuhan pokok bersama petugas Polres Bantul di Pasar Niten, Bantul, Senin (18/5/2020). “Selain aman, kami juga tidak menemukan adanya telur infertil,” katanya.

Tak hanya di Pasar Niten, pemantauan juga dilakukan ke sejumlah pengepul telur dan pasar lainnya, seperti Pasar Bantul. Di Pasar Bantul, petugas juga mengecek stok dan harga kebutuhan pokok. “Sejauh ini masih aman dan terpantau,” ucap Joko.

Advertisement

Kasi Distribusi dan Harga Barang Kebutuhan Pokok Dinas Perdagangan Bantul , Zuhriyatun Nur Handayani, mengungkapkan sejauh ini stok dan dan harga kebutuhan pokok di Bantul masih stabil. Kenaikan harga kebutuhan pokok yang paling terlihat di dua komoditas berbeda yakni daging ayam dan bawang merah.

Berdasar hasil pantauan di lima pasar tradisional, harga daging ayam potong rata-rata Rp33.500, sedangkan bawang merah dijual di kisaran Rp45.000. Untuk stok sejauh ini semua aman,” kata dia.

Menurut Handayani, adanya kenaikan harga dua komoditas ini merupaakan hal yang wajar, mengingat permintaan cukup tinggi untuk daging ayam. Sedangkan kenaikan harga bawang merah disebabkan berkurangnya stok karena sejumlah daerah penghasil bawang merah masih menunggu panen. “Meski demikian, kami pastikan semuanya aman. Sejauh ini pasokan dari rumah potong hewan juga lancar,” ucap Handayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement