Tes Massal, 71 Warga Gunungkidul Reaktif Covid-19

Ilustrasi - Freepik
18 Mei 2020 18:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan tes cepat (rapid test) Corona massal sudah menyasar 1.163 warga. Hasilnya 71 orang dinyatakan reaktif terhadap Covid-19.

“31 orang di antara mereka adalah merupakan tenaga medis yang bertugas di Gunungkidul,”  kata Dewi kepada wartawan, Senin (18/5/2020).

Menurut dia, hasil tes cepat reaktif ini sudah ditindaklanjuti dengan pengambilan swab. Tes swab dilakukan untuk memastikan apakah warga terinfeksi Corona atau tidak. “Hasilnya sudah ada yang keluar. Untuk tim medis, sembilan orang dinyatakan negatif. Sedangkan sisanya masih dalam proses pengujian,” katanya.

Dewi mengatakan data pasien positif Corona ada perubahan. Awalnya di Gunungkidul ada 29 kasus, tetapi diubah karena satu pasien merupakan warga asli dari Sleman sehingga kembalikan ke tempat asal. “Jadi hanya ada 28 kasus,” katanya.

Total hingga saat ini masih ada empat pasien positif Covid-19 yang diopname. Adapun pasien yang dinyatakan sembuh ada 23 orang. “Untuk satu pasien meninggal dunia,” katanya.