Puluhan Napi di Lapas Cebongan Peroleh Remisi Lebaran

Salah seorang napi yang dibebaskan di Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, pada Minggu (24/5/2020).Harian Jogja - Ist
24 Mei 2020 14:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Sebanyak 98 warga binaan pemasyarakatan (WBP) beragama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman memperoleh remisi khusus Hari Raya Idulfitri. Selain itu, juga ada dua WBP yang bebas pada hari ini, Minggu (24/5/2020). 

Kepala Lapas Kelas II B Sleman, Gunarto mengatakan bahwa jumlah WBP di Lapas Kelas II B Cebongan Sleman pada Minggu (24/5/2020) berjumlah 214 orang yang terdiri dari 146 narapidana atau berkekuatan hukum tetap (inkracht) serta 68 orang masih tahanan. Dari jumlah tersebut, tercatat ada 192 WBP muslim.

"Dari 192 WBP muslim, ada 98 orang telah memenuhi syarat untuk diusulkan remisi khusus Hari Raya Idulfitri 2020. 98 orang tersebut semua status telah disetujui mendapatkan remisi," kata Gunarto, Minggu. 

Ia merinci ada 45 WBP yang mendapat remisi khusus selama 15 hari, 44 WBP selama satu bulan, serta sembilan WBP selama satu bulan 15 hari. Adapun acara penyampaian remisi khusus ini bertempat di Serambi Masjid As-Syifa Lapas Kelas II Sleman diikuti seluruh WBP muslim pada Minggu pagi sebelum pelaksanaan ibadah salat Idulfitri.

Selain itu, Gunarto juga menyampaikan bahwa ada dua WBP yang dibebaskan pada Minggu. "Yang satu bebas pelaksanaan pembebasan bersyarat, yang satu bebas pelaksanaan asimilasi rumah," tambahnya.

Sebelumnya, Lapas Cebongan juga mengajukan pembebasan 99 narapidana dengan mekanisme asimilasi dan integrasi. Napi itu diajukan untuk menerima pembebasan dengan mekanisme asimilasi dan integrasi seperti yang diumumkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Permenkumham No.10/2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19.